Lihat ke Halaman Asli

Bedanya negara maju dengan Indonesia

Diperbarui: 22 April 2016   21:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam project management professional ada 6 phase dalam proyek.

1. Initiation

2. Planning

3. Executing

4. Monitoring and controlling 

5. Closing

6. Professional and social responsibiliy

Di negara maju seperti Jepang manajemen menghabiskan banyak waktunya di initiation and planning. Kasus ekstremnya sebagai berikut.

Pada tahun 1971, Den Fujita ingin mendirikan restoran waralaba Mc donald pertama di Jepang. Dia ingin membangun restoran tersebut di distrik tersibuk di Jepang, Ginza. Tetapi tempat belanja internasional seperti Ginza menjadi problem, karena mencari lokasi sangat susah  dan tidak boleh menyewa.

Dengan kenalannya di Mitsukoshi, sebuah departemant store tertua di Jepang. Fujita berhasil menyewa tempat  500 feet persegi di lantai bawah departement store tersebut. Hanya seperlima dari restoran Mc Donald yang standar. Fujita harus mendesain dapur yang sempit, dan pelanggan harus membeli dan makan sambil berdiri tanpa tempat duduk.

Syarat sewa di tempat tersebut lebih ketat lagi, Fujita hanya boleh membangun restorannya dalam pada hari libur saja karena Mitsukoshi tidak ingin pelanggannya diganggu kegiatan konstruksi Mc Donald. Jadi secara efektif Fujita hanya memiliki waktu dari jam 6.00 pagi di hari minggu sampai jam 9.00 dihari selasa. 39 jam untuk membangun restoran yang biasanya diperlukan waktu 3 bulan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline