Tiap-tiap manusia memiliki masalah kehidupan yang unik dan khas. Suatu keadaan (phenomenon) kehidupan akan berubah menjadi suatu masalah (problem), jika terdapat jurang yang memisahkan antara das solen (harapan) dengan das zein (fakta). Berbeda-beda jenis masalah, maka berbeda-beda pula penyelesaiannya.
Pada opini kali ini penulis bermaksud mengaitkan masalah (problem) beserta teknik penyelesaiannya dengan Kurikulum 2022. Untuk usaha itu penulis menggunakan matematika (kebetulan penulis adalah guru matematika) sebagai wahana untuk mengarah ke tujuan penulisan.
Matematika (bukan) ilmu pasti
Untuk menuju konsep masalah (problem), penulis awali dengan pertanyaan, "Apakah matematika itu ilmu pasti?". Berdasarkan keterbukaannya, perhatikan dua buah jenis soal pada matematika. Beberapa soal memiliki solusi tunggal (soal tertutup), sementara itu beberapa soal lain memiliki banyak solusi (soal terbuka).
Jika suatu kelas diberi pertanyaan "tentukan hasil dari 3x4", maka semua siswa akan memberikan jawaban yang sama bahwa 3x4=12. Tetapi jika suatu kelas diberi pertanyaan "isilah titik-titik pada soal berikut ...x...=12", maka ada siswa akan memberikan jawaban benar 3x4, 2x6, 1x12, dan lain-lain. Istilah "matematika adalah ilmu pasti memang menyesatkan".
Soal berbeda dengan masalah
Semakin mengerucut, maka pertanyaan selanjutnya adalah "Apakah soal berbeda dengan masalah?". Menyelesaikan soal matematika adalah mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan soal tersebut. Ketika kebanyakan siswa mengalami kesulitan dan butuh waktu lebih lama untuk menyelesaikan suatu soal, maka soal tersebut dinamakan masalah (problem). Semakin ruwet (complex) suatu masalah maka semakin sulit dan semakin lama penyelesaiannya.
Soal (masalah) HOTS
Pada buku paket matematika, soal yang terletak di akhir pokok bahasan disebut soal rutin. Soal rutin juga terdapat pada soal PAS, PAT, atau Ujian Sekolah/ Madrasah. Sementara itu, soal pada AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) bukanlah soal rutin.
Soal yang non-rutin dan soal yang kompleks (bukan soal yang sederhana), membutuhkan pemikiran lebih tinggi (dari biasanya) untuk menyelesaikannya. Soal (masalah) yang demikian dinamakan soal (masalah) HOTS (higher order thinking skills).
Computationl Thinking (CT)