Lihat ke Halaman Asli

Mathilda AMW Birowo

Dosen, Konsultan PR

Srikandi di Balik Pesona Wisata Kalimantan Timur

Diperbarui: 1 April 2022   01:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Dra. Sri Wahyuni, M.PP , Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur 

Ada pameo mengatakan bahwa sertifikat kelulusan Lemhannas jembatan menuju kenaikan pangkat. Baru saja memasuki masa orientasi Kepemimpinan Nasional Lemhannas PPRA LXIV TA 2022, dalam dua hari berurutan Sri Wahyuni dilantik atas kepercayaan yang diserahkan kepadanya. 

Pertama, pada Rabu 30 Maret 2022 sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Timur oleh Gubernur Kalimatan Timur di Samarinda, dan kedua pada 31 Maret 2022 sebagai Bendahara 1 Senat PPRA LXIV oleh Gubernur Lemhannas RI di Jakarta.

Wahyuni (kanan) dilantik bersama Pengurus Senat PPRA LXIV TA 2022/dokpri

Sebelum menduduki jabatan barunya. Wahyuni menjadi Kepala Suku Dinas Pariwisata Provinsi Kaltim. Sejak Oktober 2019 ia membuat berbagai gebrakan untuk memajukan pariwisata di Kaltim. Mulai dari pembuatan buku kalender event yang diluncurkan pertama kali bersamaan dengan HUT Provinsi Kaltim tanggal 9 Januari 2020. 

Selama pandemik ini ia menyelenggarakan Virtual Pameran & Virtual Festival yang dapat dilihat di kanal youtube dengan judul Paradise of the East. "Ini  merupakan hal yang baru dilaksanakan namun dapat memberi ruang kreasi dan dukungan bagi para pelaku ekraf khususnya sub sektor seni pertunjukkan," jelasnya dalam wawancara di mess Lemhannas, Jakarta selepas kelas, 31 Maret 2022.

Di samping itu Yuni panggilannya juga mengembangkan Aktivasi Puspita Kaltim (Pusat informasi Pariwisata) Kaltim di Bandara APT Pranoto Samarinda dan Legian di Legian-Kuta Bali. 

Terkait dengan kebijakan daerah, perempuan tangguh asal Jawa Tengah kelahiran Samarinda ini terlibat dalam penyusunan Raperda tentang Rencana Induk Pembangunan Pariwisata Provinsi Kaltim yang  sedang dalam pembahasan bersama Pansus DPRD Kaltim untuk ditetapkan sebagai Perda. 

Paradise of the East/dokpri

Dalam hal sosialisasi, bersama tim kerja di bawah koordinasinya, ia membuat revitalisasi website dinas pariwisata Kaltim yang didalamnya terdapat aplikasi Kaltim kreatif untuk mewadahi data, informasi dan program terkait pengembangan ekonomi kreatif Kaltim. 

Bagi kelompok Sadar Wisata, Dinas Pariwisata menyediakan sarana produktif bagi mereka yang berprestasi dalam bentuk perahu wisata, kedai kuliner/sapras apung, panggung seni pertunjukkan serta tenda kuliner. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline