Lihat ke Halaman Asli

Dibalik Keindahan Rajasthan, India

Diperbarui: 25 Juni 2015   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1329324212181342808

Rajasthan adalah nama dari salah satu negara bagian (state) di India.  Terletak di sebelah utara-barat kota Delhi. Negara bagian ini memiliki kharakteristik unik yang tidak dimiliki oleh negara bagian lain di India.  Sisi selatan yang merupakan daerah terdekat dengan Delhi, yaitu Jaipur adalah merupakan salah satu kota yang memiliki peninggalan bangunan bersejarah terbanyak di India. Istana – istana megah peninggalan dinasti Rajput dan Mewar, serta benteng pertahanan masih berdiri dengan gagahnya, dan yang tak kalah penting adalah Jantar Mantar yang merupakan salah satu peninggalan astronomi kelas dunia pada masa lampau yang dibangun oleh Maharaja Jai Singh II sekitar tahun 1727 dan 1734.

Bagian barat dari Rajastan, yaitu di Jaishamer dan Bikaner seolah mengingatkan kita kepada cerita negeri 1001 malam. Menakjubkan,  sepanjang mata memandang terbentang gurun pasir yang luas, dan di area inilah perbatasan antara India dan Pakistan berada. Kota-kota ini memiliki tradisi padang pasir yang kental, dari tarian padang pasir sampai dengan makanan khasnya yang telah dipadu dengan bumbu racikan ala india yang memang terkenal keaneka ragaman rempah-rempahnya.

1329324268758527888

Yah, bagi sebagian besar orang india, yang telah terbiasa menikmati hidangan tersebut, tentu sangat baik sekali bagi kesehatan mereka, namun bagi anda yang berasal dari Asia Tenggara, harus sedikit berhati-hati didalam memilih makanan di sana. Pengalaman penulis dan kawan penulis yang berasal dari Laos dan telah 2 tahun menetap di Delhi menunjukan bahwa setelah menikmati keindahan rajasthan selama 2 minggu dengan ragam masakan beraroma rempah-rempahnya yang kental, ternyata makanan tersebut tidak begitu cocok dengan kesehatan kulit dan mata dari kami berdua, efek tersebut sangatlah terasa sekembalinya ke Delhi.

Benar, bahwa dibalik keindahan pasti ada ketidaksempurnaan, karena kesempurnaan yang hakiki itu hanyalah ada pada-Nya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline