Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Melirik Budaya Bersepeda di Belanda: Konsep dan Kebijakan

Diperbarui: 17 Mei 2024   14:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Budaya Sepeda di Belanda|https://www.lonelyplanet.com

Di Belanda, jalur sepeda terbentang sepanjang 32 ribu kilometer. Belanda tidak sekedar membangun jalur sepeda, tapi mereka menjamin keamanan dan kenyamanan sehingga bersepeda di Belanda sudah menjadi bagian dari budaya.

Di samping itu, jalur sepeda di Belanda dibangun dengan konsep memangkas perjalanan. Tempat parkir ditempatkan pada area terdekat jalur transit guna memudahkan peseda berpindah dari satu moda transportasi ke moda lainnya.

Menariknya lagi, pemerintah Belanda mengajak perusahaan untuk memberi potongan pajak sampai 0.19 EUR/kilometer. Jadi, semakin jauh jarak bersepeda ke kantor, semakin besar potongan pajaknya. 

Konteks bersepeda di Belanda bukan pada sekedar ajang foto-foto, tapi sudah berakar pada kebiasaan harian. Pemerintah menciptakan kebijakan yang menguntungkan warga negaranya.

Dorongan untuk menggunakan sepeda di Belanda sangatlah besar. Jalur sepeda yang terbentang luas sengaja didesain dengan konsep memperpendek jarak tempuh kemana saja. 

Tahun 1970 angka kecelakaan di Belanda sama seperti di Amerika. Bagaimana sekarang?

Di 2019 tercatat hanya 34 angka kecelakaan per satu juta orang, angka ini 70 % lebih rendah dari jumlah kecelakaan di Amerika. Pemerintah Belanda juga membangun jalur sepeda dengan pendekatan ramah lingkungan.

Jalur sepeda aman dan nyaman|https://www.lonelyplanet.com

Jalur sepeda di Belanda berada di skala prioritas. Mereka yang bersepeda kastanya lebih tinggi dan harus diutamakan. Begitulah perumpamaannya!. Tidak heran, rute sepeda tersedia dengan rambu berbeda pula.

Jalur hybrid pesepeda dan mobil|https://www.lonelyplanet.com/

Uniknya lagi, jika ada mobil yang parkir di jalur sepeda, maka otomatis akan diseret dan dikenakan denda.

Jadi, pesepeda di Belanda bak raja yang tidak pernah salah. Aturan, kebijakan, dan fasilitas bersatu untuk memudahkan pesepeda di jalur yang sudah disediakan. Cap jempol, kan?

Aturan jalur sepeda mengharuskan ukuran minimum 1.7 meter. "Dutch feel cycling is a social activity that must be possible side-by-side". Kalimat kutipan tersebut menggambarkan bahwa bersepeda sudah dianggap aktivitas sosial yang patut difasilitasi dengan mengakomodir badan jalan (jalur) yang cukup aman dan nyaman.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline