To earn more, you must learn more
Ungkapan di atas berasal dari seorang pakar pengembangan diri ternama, Brian Tracy. Kata earn bermakna mendapatkan/memperoleh, sedangkan learn bermakna belajar.
Earn dan learn adalah dua kata yang tidak bisa dipisahkan dan saling terkait. Dalam konteks bisnis, belajar adalah sebuah kewajiban untuk bisa memperoleh keuntungan.
Sebuah bisnis yang dibangun dengan kebodohan hanya bertahan sekejap. Sebaliknya, dengan pemahaman yang baik, sebuah bisnis akan bertahan dalam waktu lama.
Brian Tracy adalah seorang penulis paling produktif. Tidak hanya itu, ia kerap dipercaya menjadi penasehat perusahaan besar di Amerika.
Dalam bisnis, costumer satisfaction adalah kunci utama. Costumer satisfaction adalah kepuasan pelanggan yang menjadi tolak ukur seberapa lama sebuah bisnis dapat bertahan.
Membangun bisnis dengan tujuan profit adalah kesalahan besar. Bisnis yang menjaga kepuasan pelanggan tidak hanya dapat bertahan lama, namun juga mendapatkan profit besar.
Costumer Satisfaction Index (CSI)
Dalam dunia bisnis, Costumer Satisfaction Index (CSI) menjadi acuan untuk berinovasi. Bisnis yang mengabaikan inovasi kerapkali berada di tempat atau malah harus rela hilang dari pasar.
Berinovasi dalam bisnis tidaklah sulit asalkan peka dengan kebutuhan pelanggan. Makanya, Costumer Satisfaction Index (CSI) sejatinya bertujuan untuk memahami kebutuhan pasar.
Ada dua indikator CSI yang bisa dipakai untuk standar inovasi, yaitu kepuasan pelanggan dan harga. Ini berlaku untuk tipe bisnis yang menawarkan jasa.