Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Lari Pagi, Segelas Teh Pahit dan Sepiring Gorengan

Diperbarui: 29 Agustus 2023   18:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sepiring gorengan.dokpri

Saat sedang menulis artikel ini, sepiring gorengan duduk diam berharap disentuh. Tangan ini rasanya ingin sekali mengambil satu, tapi enggan untuk menipu diri.

Dua minggu sudah saya melatih konsistensi dengan disiplin lari pagi. Rasanya memang beda, tubuh terasa lebih ringan menjalani hari yang berat. 

Selain disiplin olahraga di waktu pagi, saya juga menjaga asupan gula. Ya, sesekali masih tetap minum kopi pakai gula, tapi hanya segelas saja. Untuk konsumsi jus, saya sama sekali tidak memakai gula.

Begitu juga dengan jenis makanan yang digoreng. Saya mencoba untuk membatasi diri untuk tidak mengkonsumsi gorengan. Belum 100% bekerja, sesekali gorengan tetap lewat masuk ke kerongkongan.

Olahraga rutin memberi efek yang luar biasa bagi tubuh. Satu hal positif  yang sangat saya rasakan adalah kualitas tidur yang membaik. 

Dengan berlari 4-5 kali seminggu dengan rata-rata jarak 4-5 km, rasa kantuk tidak mudah datang. Begitu juga dengan fisik tubuh yang tidak gampang lelah. 

Karena darah mengalir dengan lancar ke tubuh dan oksigen tercukupi, konsentrasi juga meningkat. Artinya, saya lebih fokus untyuk mengerjakan satu hal dalam waktu yang lebih lama. 

Tentu saja ini tidak 100% karena olahraga, faktor menjaga makanan dan asupan gula sangat berpengaruh untuk stamina tubuh. Saya hampir tidak pernah minum minuman berpemanis dalam kemasan botol.

Efeknya, saya sangat jarang sakit dan jikapun terasa hendak sakit tubuh dengan cepat mampu mengembalikan stamina. Untuk obat-obatan, saya memilih untuk tidak mengkonsumsi apapun jenis obat. Baik suplemen atau lainnya. 

Saya percaya, tubuh manusia memang diciptakan untuk mampu menetralkan segala sesuatu yang berbahaya bagi tubuh. Tentu saja dengan satu syarat, tubuh dalam keadaan sehat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline