Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Wisata Bermartabat, Eksplorasi Alam Tanpa Merusak Lingkungan

Diperbarui: 17 April 2023   12:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

wisata alam, Aceh Tenggara|dokumentasi pribadi

Indonesia memiliki alam yang indah. Sebagai negara kepulauan, Indonesia dianugrahi alam yang membentang luas dengan pesona keindahan sawah, danau, dan laut di berbagai provinsi dari Sabang sampai ke Marauke.

Pegunungan Indonesia kerap menghadirkan pemandangan menarik. Tidak heran, banyak turis asing terkesima dengan keindahan alam Indonesia yang jarang ditemui di negara mereka. 

Tentu saja, sebagai warga negara Indonesia sudah sepantasnya kita merasa bangga berwisata di Indonesia. Alam indah bukan hanya menyegarkan pikiran, tapi juga memberi kesan mendalam ke memori pengunjung.

Bayangkan, betapa kayanya alam Indonesia dengan flora dan fauna tak terhitung. Tanah yang subur menumbuhkan tanaman, bunga, dan beragam pohon dengan jenis buah tidak mengenal musim.

Di Indonesia aja hutan tropis menyumbang oksigen besar bagi Dunia. Sebut saja Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh Tenggara. Ada ribuan biodiversiti yang bisa ditemukan disana. Hutan yang lebat menjaga keseimbangan ekosistem.

Pemandian air panas, Aceh Tenggara|dokumentasi pribadi

Pernah dengar pulau Giliyang di Sumenap, Madura? kadar oksigen disana diklaim nomor 2 terbaik di dunia setelah Yordania. Ya, itu baru satu dari sekian keajaiban alam Indonesia. 

Di daerah pelosok, banyak lokasi air terjun yang menyejukkan jauh dari kebisingan kota. Pasokan air berlimpah dari gunung dan ragam pepohonan menjadikan sumber air jernih yang sangat baik di konsumsi langsung dari sumber mata air. 

Saya pribadi sangat suka menjelajahi alam. Di beberapa kesempatan, saya sengaja menikmati keindahan alam dengan berkemah di alam bebas. 

Saya dan teman pernah berkunjung ke pusat air terjun yang dulunya belum banyak dijamah orang. Lokasi jalan yang saat itu baru dibuka tentu saja tidak mudah dijangkau.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline