Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Compound Effect, Rahasia Kesuksesan pada Kebiasaan Kecil

Diperbarui: 18 Februari 2023   19:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Compound effect, kebiasaan kecil yang menyukseskan.www.freepik.com

Dalam sebuah buku berjudul The Compound Effect. Multiplying your success, one simple step at a time yang ditulis oleh Darren Hardi, ada beberapa pelajaran berharga yang patut dipelajari.

The Compound Effect menjabarkan tentang rahasia kesuksesan yang pada kenyataanya berasal dari kebiasaan-kebiasaan kecil. Contoh kecil seperti menghindari makan yang mengandung banyak kalori, bangun lebih awal, dan berhenti menyalahkan keadaan.

Buku ini sedikit tidak memberi pesan sama seperti Atomic habits yang ditulis oleh James Clear. Hal kecil dan simpel yang dilakukan berulang kali setiap harinya akan berubah menjadi kebiasaan positif.

Sebaliknya, kebiasaan jelek yang diperturutkan setiap hari akan berubah menjadi kebiasaan buruk yang menjauhkan seseorang dari kesuksesan. 

Sering makan makanan yang mengandung gula tentunya akan berdampak pada kesehatan. Efek gula juga membuat seseorag jadi malas, termasuk malas bergerak dan menunda pekerjaan.

Lama kelamaan, kebiasaan mengkonsumsi gula akan membentuk gaya hidup tidak sehat yang juga tanpa disadari mengarah pada aktivitas yang tidak produktif. 

Perlahan tapi pasti, ada efek samping yang menjalar baik pada pekerjaan, kehidupan rumah tangga, pendapatan dan lainnya. Memang hal ini tidak terjadi dalam semalam, kebiasaan kecil yang negatif akan menumpuk menjadi sesuatu yang buruk. 

Sama halnya dengan kebiasaan baik yang dirutinkan, misalnya olah raga rutin. Walaupun terlihat sederhana, efeknya akan terlihat jelas setelah 1-2 tahun.

Kita tidak akan bisa merasakan hasil kebiasaan kecil yang bersifat positif dalam satu minggu atau enam bulan. Ada rangkaian proses yang terus mengumpul setiap harinya.

Intinya adalah membentuk konsistensi untuk terus melanjutkan kebiasaan kecil setiap hari. Biasanya, orang akan mudah terjebak pada hal yang cepat bersifat instan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline