Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Tiga Manfaat Belajar TOEFL dan IELTS untuk Siswa SMA

Diperbarui: 4 Februari 2023   21:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Manfaat belajar TOEFL dan IELTS.www.freepik.com

Saat ini begitu banyak beasiswa untuk belajar di luar negeri, sayangkan kesempatan emas ini tidak bisa diambil oleh semua orang. Banyak siswa dan mahasiswa yang tidak bisa kuliah ke luar negeri hanya karena skor TOEFL minim.

Sungguh sangat disayangkan!

Di tulisan ini saya akan membahas tiga manfaat belajar TOEFL dimulai sejak SMA. Apa tujuan saya menuliskan ini? hanya satu, agar banyak siswa di SMA yang bisa terbuka pikiran untuk mulai belajar bahasa Inggris lebih giat.

Kesempatan Kuliah Gratis

Banyak negara yang menyediakan beasiswa langsung untuk melanjutkan S1 ke kampus-kampus dengan kualitas top. Beasiswa ini dikelola oleh pemerintah negara setempat.

Kenapa banyak siswa yang jarang mencobanya? pertama, akses informasi yang tidak berhasil dijangkau oleh siswa SMA. Penyebabnya, siswa tidak terbiasa mandiri mencari info beasisiwa dari google dan hanya sedikit guru yang punya inisiatif mengenalkan beasiswa ke luar negeri pada siswa.

Alasan kedua, kebanyakan siswa menghabiskan waktu pada media sosial dan jarang terpikir untuk medalami tentang kesempatan meraih beasiswa di luar negeri untuk strata satu (S-1).

Baca juga: Mempersiapkan Diri Belajar TOEFL Sejak Awal Kuliah

Padahal, kalau boleh jujur, ada berbagai jenis alternatif beasiswa yang bisa dicoba. Tentu saja ada syaratnya, salah satunya ya TOEFL atau IELTS.

Kalau pun ada siswa yang punya potensi melanjutkan kuliah di luar negeri, mereka akan terhenti pada tahap TOEFL. Kenapa bisa demikian? satu yang pasti, mereka tidak mempersiapkan diri dari awal.

Ya, memang kesalahan tidak seutuhya pada siswa. Guru juga punya peran penting untuk mengalirkan informasi dan membimbing siswa untuk lebih open minded. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline