Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Pelajari Manfaat Financial Check Up untuk Keluarga

Diperbarui: 3 Januari 2023   23:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi perencanaan keuangan keluarga | freepik.com

Pengeluaran harian mungkin saja bukan sesuatu yang penting bagi sebagian orang, namun kebiasaan menghabiskan uang pada hal-hal kecil jika tidak dianalisa akan menjadi bumerang nantinya.

Bagi orang dengan penghasilan di atas rata-rata, mengeluarkan uang tanpa catatan boleh saja tidak berdampak besar, lain halnya pada golongan kelas menengah ke bawah.

Kekhawatiran akan resesi ekonomi bukan sebuah masalah jika saja individu mampu mengatur keuangan dengan baik. Apa akar masalah dari masalah finansial? 

Salah satunya adalah kemampuan mengelola uang dengan benar. Nah, disadari atau tidak ini juga berakar pada lemahnya pemahaman literasi finansial pada banyak keluarga.

Income vs Expense

Pengetahuan dasar akan perbedaan antara pendapatan (income) dan pengeluaran (expense) sangatlah perlu dipahami dengan baik.

Sebuah keluarga tanpa membangun pondasi pemahaman antara income dan expense tentu saja lebih berisiko mengalami masalah finansial.

Income

Income bisa terbagi dua: active income dan passive income. Yang satunya identik dengan pendapatan rutin bersebab bekerja (active), sementara satunya lagi berasal dari pemasukan yang terus diterima walaupun tidak lagi bekerja (passive).

Kedua jalur income ini membutuhkan skil berbeda. Pada umumnya orang bergantung pada pekerjaan untuk memperoleh active income, lain halnya untuk passive income yang bisa diperoleh dengan tanpa harus bekerja secara fisik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline