Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Rahasia Kesuksesan McDonald's

Diperbarui: 31 Oktober 2022   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

McDonald's. | oxseasons.com

Raymond Albert Kroc yang kerap dipanggil Ray Kroc adalah CEO McDonald's sejak tahun 1967 sampai 1973. Ia membeli perusahaan fast food itu pada tahun 1961 dan kemudian dikenal sebagai pendiri McDonald's karena keberhasilannya melakukan ekspansi ke luar Amerika.

Ray Croc lahir di Illinois, sebuah negara bagian dekat Chicago pada tahun 1902. Ibu dan bapaknya adalah warga Amerika keturunan Ceko. Saat umur 15 tahun, Ray Kroc pernah menjadi supir ambulan ketika perang dunia pertama. Ia juga pernah menjadi agen real estate di Florida dan juga pernah bekerja menjual gelas minuman.

Ia memiliki tiga istri, dua istri pertamanya ia cerai, lalu tahun 1969 ia kawin lagi dengan seorang gadis kelahiran negara bagian Minnesotta. Kemudian istri terakhirnya menjadi pewaris kekayaannya saat ia meninggal.

Apa rahasia kesuksesan Ray Kroc

Tahun 1961 Ray Kroc membeli McDonald's seharga 2.7 milyar dolar.  Saat Kroc meninggal, ia telah membuka 7.500 cabang McDonald's di Amerika dan 31 negara lainnya. Total pendapatan dari seluruh cabang mencapai angka lebih dari 8 trilyun dolar pada tahun 1986.

Krock berumur 61 tahun saat membeli Mcdonald's dan berhasil membangun sebuah sistem yang pada akhirnya menjadi ladang keuntungan besar baginya. Legasi yang ia tinggal juga bermanfaat bagi sistem bisnis saat ini. 

Betapa tidak, dalam waktu 35 tahun keuntungan yang didapat sudah berada diangka trilyunan dolar dari angka milyaran ketika dibeli. Ini tentu tidak bisa dicapai kalu bukan dengan sebuah sistem.

Rahasia terbesar McDonald's adalah SISTEM. Semua produk yang mereka hasilkan memiliki standar terperinci dan sangat detail. Misalnya, sebuah Hamburger tidak boleh diproses lebih dari lima menit, French Fries akan berada di tempat yang hangat selamat tujuh menit agar tetap renyah. 

Bukan hanya itu, hamburger akan segera dipindah dari panggangan tidak lebh dari 10 menit agar tidak lembab. Standar penyajian makanan juga terukur tidak melebihi waktu yang ditetapkan. Konsep yang dibangun Kroc berada dalam kalimat dibawah.

" the customer would not equate inexpensive with inattentive or cheap"

Jadi, Kroc membangun sebuah sistem dimana pelanggan berhak mendapat makanan sesuai harga yang dibayar. Artinya, harga yang dipatok terhadap makanan di McDonald's memiliki nilai jual yang sangat diperhitungkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline