Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Tiga Kunci Utama Memperkenalkan Bacaan kepada Anak

Diperbarui: 15 Juli 2022   09:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salah satu upaya untuk memperkenalkan bacaan kepada anak, sebagai orangtua kita harus konsisten. Sumber: Pexels/Anna Pou via Kompas.com

Konsisten, Koneksi & Kualitas adalah langkah 3K terbaik saat menghadirkan bacaan kepada anak 

pada tulisan sebelumnya saya menulis tentang aktivitas membaca untuk melatih skil komunikasi anak (baca disini), kali ini saya akan sedikit membahas 3 langkah menghadirkan bacaan kepada anak.

1. Konsisten

Perkembangan otak diawal masa kelahiran merupakan tahap awal bagi anak untuk mengenal rutinitas. Lingkungan akan menjadi sumber ilmu bagi anak untuk beradaptasi, sementara orangtua memiliki peran untuk membentuk sebuah kebiasaan bagi anak. 

Menghadirkan bacaan pada anak di usia 0-12 bulan memiliki tantangan tersendiri. Kunci utamanya adalah konsisten. Rangkaian informasi yang masuk ke otak anak akan disimpan, namun pengulangan akan bertahan lebih baik.

Kegiatan membaca yang dilakukan setiap hari dengan waktu terstruktur akan membentuk sebuah pola pembiasaan. Nantinya anak akan tanpa sadar memindahkan input membaca ke memori jangka panjang.

Orangtua yang rutin membacakan buku kepada anak pada usian 0-12 bulan tidak hanya memberikan input yang baik bagi otak, tapi juga menanamkan sebuah kebiasaan yang akan menjadi database  bagi anak.

Membacakan buku untuk anak yang masih dibawah 1 tahun tidak perlu lama, yang paling penting adalah membentuk jadwal pasti. Seperti saat makan, sebelum tidur atau momen waktu lainnya.

Ilustrasi gambar: www..booktrust.org.uk

2. Koneksi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline