Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Kenapa Harus Bangun Lebih Awal?

Diperbarui: 15 Juni 2016   18:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Sudah tak terhitung berapa artikel yang saya baca tentang rahasia sukses penulis-penulis terkenal di dunia. Kesimpulan yang saya dapat hampir rata-rata penulis bangun lebih awal untuk memulai hari dan mendapatkan ide-ide brilian. Apa manfaat bangun dini hari? bagi orang awam atau mereka yang terbiasa bangun telat mungkin sekilas tidak melihat betapa besar manfaat bangun lebih awal. Namun, bagi mereka yang terbiasa membuka mata di awal pagi hari sungguh banyak sekali sisi positif yang mereka dapat. 

Seorang penulis terkenal di Amerika, Hal Erold, mengatakan bahwa memulai hari lebih awal jauh ketika yang lain terlelap akan menghadirkan energi positif yang jarang kita dapat pada jam-jam normal. Hal menulis sebuah buku dengan judul The Miracle Morning yang telah mengispiransi ratusan ribu orang di dunia akan manfaat bangun pagi. Ia mengungkapkan disaat seseorang bangun lebih awal maka ia bisa memulai beberapa kegiatan rutiin berupa warming up. Diantara beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu:

1. Membaca Buku

Jika anda mampu bangun lebih awal maka jangan sekali-kali mengecek HP. Carilah buku yang anda sukai dan habiskan 20-40 menit untuk membaca. Membaca di waktu subuh sangat bermanfaat untuk menambah wawasan dikarenakan otak masih dalam keadaan kosong dan tentunya informasi akan sangat mudah melekat di otak. Keadaan yang masih sunyi karena kebisingan belum dimulai akan membuat suasana lebih mengasikkan untuk menggali informasi baru melalui bacaan.

2. Latihan

Carilah waktu khusus disaat awal hari untuk melakukan latihan fisik berupa push up, sit up ataupun jogging. Walau kedengaraan simpel latihan ringan seperti ini sangat membantu tubuh untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh. Terlebih di bagian otak yang butuh suplai oksigen dan darah, maka lari pagi sangat berdampak positif bagi tubuh. Tidak butuh waktu terlalu lama, cukup 30 menit saja sudah mampu membuat tubuh berkeringat sehingga darah mengalir lancar dan pikiran akan lebih segar. Disaat pikiran segar segala permasalahan bisa diselesaikan dengan baik dan level stres dapat turun otomatis. 

3. Afirmasi

istilah afirmasi atau dalam bahasa inggris dikenal affirmation adalah sebuah metode penegasan berupa kata-kata positif akan apa yang kita harapkan. bisa berupa apa yang kita inginkan dalam jangka panjang atau sesuatu yang kita harapkan berhasilkan. kata-kata seperti, saya mampu mengerjakan tes, saya akan berhasil melewati tahapan tes, saya bisa meraih apa yang saya tetapkan, atau kata-kata lain yang lebih spesifik bisa sangat bermanfaat untuk mensugesti pikiran agar berpikir positif sehingga tindakan yang dihasilkan akan selaras dengan apa yang diucapkan. 

4. keheningan

Carilah waktu tertentu di awal pagi untuk duduk sejenak dalam keheningan. Kebanyakan orang menyebutnya meditasi, yaitu proses rileksasi tubuh untuk menyerap tenaga alam agar tubuh terasa segar. Syukur bagi kita yang muslim waktu meditasi bisa kita dapatkan disaat shalat subuh. Waktu ini akan sangat bermanfaat bagi tubuh untuk menghasilkan ketenangan dan menurunkan level stres yang ada di pikiran. 

5. Menulis

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline