Lihat ke Halaman Asli

Masykur Mahmud

TERVERIFIKASI

A runner, an avid reader and a writer.

Trik Menghafal Kata

Diperbarui: 24 Juni 2015   00:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Tentu bukan hal asing bagi kita semua untuk memahami kata-kata baru membutuhkan waktu dan tenaga, terlebih ketika kata-kata tersebut sangat asing dari segi kata ataupun bunyi. kebanyakan kita memiliki daya ingat yang berbeda satu sama lain, ada yang sangat mudah mengingat dan ada juga yang sangat sulit mengingat hal-hal baru.

Beberapa cara yang kita pakai untuk menghafal terkadang cenderung salah. kenapa demikian? bayangkan jika anda sedang mempelajari bahasa baru, bahasa inggris misalnya, tentu anda perlu menghafal kosa kata baru setiap hari untuk menambah daftar kata untuk anda gunakan. hal ini pastinya tidak mudah dan membutuhkan usaha keras.

Pada umumnya kita menggunakan Traditional method yaitu hanya sekedar menghafal dengan cara mengulang-ulang sampai kata yang kita hafal melekat, namun sayangnya kata tersebut tidak bertahan lama di kepala kita dikarenakan jarang dipakai dalam bentuk tulisan ataupun percakapan. jadi pada intinya kosa kata yang kita hafal walaupun ribuan akan hilang ditelan masa.

Lantas, bagimanakah tehnik menghafal yang lebih efisien?

Untuk mempelajari kosa kata baru anda perlu memiliki trik yang menarik dan mudah diterapkan. berikut ini beberapa trik yang mungkin bisa anda gunakan untuk membantu anda mengingat kosa kata baru dalam mempelajari bahasa asing, bahasa inggris khususnya.

1. Mental Image

Metode ini berfungsi untuk mengaitkan kata yang kita hafal dengan gambar. tujuanya yaitu agar kita dapat dengan mudah mengingat kata dengan menghubungkan dengan kreasi gambar dalam ingatan kita.

Contoh : kata "Veer Off" berarti banting setir. maka ketika anda menghafal kata ini bayangkan bunyi kata ini sama seperti kata "beer". jadi ketika seseorang mengemudi meminum bir maka iya akan hilang kontrol dan membanting stir ketika terjadi kecelakaan.

Veer off : (The Suzuki veered off the road and crashed into a fence)

2. Encoding the Sounds of Word

Cara kedua yaitu dengan metode memberi sandi pada kata yang kita hafal dengan mengaitkan bunyi kata ke dalam bentuk gambar. hal ini hampir sama seperti di atas, namun pada tahapan ini kita memilah makna kata dengan bunyi  kata. agar lebih mudah maka perhatikan contoh dibawah ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline