Lihat ke Halaman Asli

Masumawati

Saya adalah seorang Guru SD

Penggunaan Media Pembelajaran Konkret dapat Menciptakan Pembelajaran yang Menyenangkan

Diperbarui: 8 Januari 2024   09:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kita sebagai guru kerap kali kurang optimal menggunakan media pembelajaran dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini sering disebabkan dalam proses pembuatan ataupun pengadaan media pembelajaran memiliki banyak kendala seperti waktu dan biaya. Sedangkan, dalam pembelajaran guru sangatlah perlu menggunakan media pembelajaran sebagai sarana memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran dan meningkatkan kualitas pembelajaran. Media pembelajaran yang tepat sangat membantu siswa mendapatkan pengalaman belajar yang bermakna. Selain itu, media pembelajaran juga berfungsi membantu komunikasi baik bagi komunikator dan bagi penerima dimana dalam proses belajar mengajar disini ialah guru dan siswa.

Guru kerap kali kesulitan dalam pengadaan media pembelajaran akibat waktu yang tidak memadai, biaya pembuatan media kerap kali mahal, dan sarana prasarana sekolah yang tidak mendukung. Sehingga, pembelajaran kerap kali hanya mengandalkan buku ataupun papan tulis. Dalam pembelajaran, siswa kelas rendah berada dalam tahap operasional konkret dengan demikian dalam memberikan materi pelajaran guru diharapkan menggunakan alat peraga atau media yang lebih bersifat konkret. Hal ini membantu siswa memiliki pengalaman langsung dan aktif menemukan sendiri pengalaman belajarnya. Media yang sederhana dan bermakna dapat digunakan untuk menjelaskan materi kepada siswa. Guru dapat mengupayakan pememilihan media pembelajaran sederhana yang tepat digunakan sesuai materi pembelajaran salah satunya media pembelajaran konkret.

Penggunaan media pembelajaran konkret yang sering ditemui siswa dalam kehidupan sehari-hari diharapkan mampu memberikan pengalaman langsung yang bermakna bagi siswa. Selain itu, guru dapat mengajak siswa untuk mengeksplor lingkungan sekitarnya. Misalnya mengenai bunyi alam dan buatan, guru dapat mengajak siswa mendengarkan suara yang ada disekitar dan membuat bunyi yang dihasilkan dari benda sekitar. Pengoptimalan media pembelajaran yang dapat siswa lihat secara nyata dan sesuai dengan lingkungannya dapat membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran. Guru dapat mudah menyediakan media pembelajaran yang terjangkau dan mudah ditemukan selama proses pembelajaran.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline