Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Digital Marketing dan Literasi Keuangan dalam Optimalisasi Produk Kopi Ledug

Diperbarui: 9 Oktober 2023   14:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi : Sosialisasi dan foto bersama dengan Kelompok Tani Sekar Arabika

Pengabdian Kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri Universitas Muhammadiyah Malang Kelompok 263 Gelombang 7 yang beranggotakan 5 orang yaitu Mas'ud Fadhilah Catra, Alifaldo Satiyaki Harapan, Isak Gustaf Layaba, dan Ludfiah Salsa Billa dari program studi Akuntansi dan Fariza Wahyu Maharrani dari program studi Manajemen dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapang, yaitu Bapak Ardik Praharjo S.AB., M.AB. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Wilayah Kelurahan Ledug ini terdapat banyak sekali tumbuhan kopi asli yang tumbuh pada lereng kaki Arjuno dan kemudian menjadi komoditas utama sebagai mata pencaharian pada desa Ledug ini, dari banyaknya tumbuhan kopi inilah yang menjadi dasar terbentuknya beberapa Kelompok Tani kopi seperti, Sekar Tani Arabika, Puspa Tani Makmur dan Mitra Jaya Mandiri yang berfokus pada olahan kopi. tidak hanya petani kopi yang ada di Kelurahan Ledug tetapi ada beberapa Penggiat UMKM kopi seperti Alas Pinggan, Kopi Gentong, Bront Coffee, Shocu Coffee, Begawan Ringgit dan Syifa Coffee.

Dokumentasi Pribadi : Sosialisasi dan foto bersama dengan Kelompok Tani Puspa Tani Makmur

Oleh karena itu kelompok 263 PMM Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) melakukan Sosialisasi Mengenai Literasi Keuangan dan Digital Marketing. Melihat dari potensi Kopi Ledug ini memiliki jangka panjang dan didukung oleh antusias dari seluruh Kelompok Tani Kopi maupun penggiat UMKM, maka diperlukan manajemen keuangan yang baik seperti Pembukuan Sederhana, Pencatatan Sederhana dan Laporan Rugi yang disosialisasikan. Bukan hanya sosialisasi tetapi kami mempraktekkan secara langsung bersama dengan seluruh anggota Kelompok Tani Kopi bagaimana cara untuk melakukan pencatatan dan pelaporan sederhana dalam laporan keuangan. Manfaat yang kami harapkan dengan sosialisasi ini dan praktek secara langsung  adalah agar nantinya para Kelompok Tani dan beberapa UMKM yang ada di Ledug ini mereka bisa mengatur manajemen keuangan mereka dengan baik dan mampu menjangkau pasar yang lebih luas lagi dan dengan kuantitas serta harga ekonomi yang tinggi dan mampu bersaing di pasaran.

Sebagai mahasiswa yang melaksanakan PMM kami ingin meningkatkan atau mengoptimalkan terkait dengan kualitas kopi dan produk kopi yang ada pada Kelurahan Ledug ini dengan cara memberikan penyuluhan atau sosialisasi mengenai pentingnya Literasi Keuangan bagi para petani kopi dan penggiat kopi ataupun UMKM kopi dan juga pentingnya Digitalisasi Marketing berupa media massa yang nantinya akan menjadi wadah bagi UMKM ini untuk memasarkan,menjual dan mempromosikan produk Kopi Asli Ledug. Sosialisasi yang dilakukan ini berupa pengenalan media massa seperti instagram, videotron, facebook, tiktok dan media massa lainnya guna untuk menjangkau target pasar yang lebih luas.

Kami berharap Sosialisasi mengenai Literasi Keuangan dan Digitalisasi Marketing yang kami sampaikan dan praktekan dapat memberi manfaat dan membuka peluang bagi penggiat UMKM kopi dan para petani kopi ini dapat terbuka secara luas dan bisa meningkatkan perekonomian para petani kopi di Ledug. Kelompok 263 juga berharap sosialisasi yang kami sampaikan ini dapat diterapkan dan dilakukan dengan jangka waktu.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline