Lihat ke Halaman Asli

Ada ''Atlantis Garden'' di Pulau Kodingareng Keke Makassar

Diperbarui: 7 Januari 2016   11:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pulau Kodingareng Keke adalah salah satu dari pulau yang berada dalam kepulauan Sulawesi selatan. Pulau ini masih asing di telinga para masyarakat Indonesia, bahkan masyarakat Makassar sekalipun. Berjarak sekitar 14 Kilometer dari Makassar. Pantai selatan pulau kodingareng keke didiasi oleh pecahan karang yang beraneka ragam, pasir putih terhampar luas di utara pulau ini.

Patung dewa Romawi kuno terpajang di dasar pulau Kodingareng Keke yang di prakarsai oleh para pegiat lingkungan Forum Peduli Spermonde, Makassar, Sulawesi Selatan. Pemajangan patung tersebut merupakan bagian dari pencanangan Atlantis Garden yang menjadi langkah awal pelestarian ekosistem laut terutama terumbu karang Artifisial serta menjadi spot bagi para pecinta diving dan snorkeling. Ada beberapa patung didasar laut tersebut. selain itu ada bangkai mobil dan barang-barang lain yang sengaja ditenggelamkan untuk pelestarian terumbu karang.

Perjalanan saya dimulai dari pelabuhan paotere’ Makassar. Saya dan teman saya mencarter transportasi laut regular berupa perahu nelayan sederhana yang biasa memuat sekitar 20 orang dewasa. Sebenarnya Ada 2 tempat untuk akses awal ke pulau kodingareng keke. Pertama yaitu melewati pelabyhan paotere’ dan yang kedua bisa melalui dermaga yang terletak didepan Fort Roterdam. Perjalanan kesana memakan waktu sekitar 45 menit. Saya sarankan untuk berangkat pada pagi hari karna ombak disiang hari lumayan besar.

Sesampai di pulau kodingareng keke, kami memasang tenda dan menyiapkan perlengkapan memasak karna kami berencana untuk berkemah dipinggir pantai. Walaupun disana terdapat beberapa bangunan peristirahatan bagi para pengunjung dan beberapa rumah warga yang bisa disewa untuk bermalam, kami lebih memilih berkemah dipinggir pantai agar suasana dan feelnya dapat kata sahabat-sahabat saya.

Disana kami menghabiskan waktu untuk Diving dan Snorkling, memancing, main bola dipinggir pantai dan bahkan main laying-layang. Pulau kodingareng keke disiapkan fasilitas resort dan diving/snorkeling yang bisa kita rental dan tentunya dengan harga yang terjangkau. Semua itu akan terbayarkan dengan keindahan pantai dan bawah laut yang sangat mempesona.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline