Lihat ke Halaman Asli

La Decimotercero, Bisa Menyelamatkan Musim Madrid

Diperbarui: 1 Februari 2018   00:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perayaan para pemain dan staff pelatih Real Madrid. Sumber: bola.net, 2014

Liga Champions menjadi kompetisi yang paling mungkin dimenangi Real Madrid. Pemain terbaik dunia tahun lalu, Cristiano Ronaldo, menyebut gelar Liga Champions akan cukup menyelamatkan musim Real Madrid.

Performa Real Madrid menukik tajam dibandingkan musim lalu, inkonsistensi para pemain menjadi masalahnya. Khususnya terjadi di kompetisi domestik, yang  berbanding terbalik bila kita bicara Los Blancos di pentas Eropa.

"Trio BBC" yang menjadi lumbung gol dalam beberapa tahun terakhir kini sedang melempem dan skuad pemain inti dengan pelapis kedua yang cukup jauh kualitasnya. Al hasil disaat pemain inti mengalami larangan bermain seperti akumulasi kartu dan tidak fit atau cidera, pemain pelapis kedua pun bukanlah solusi terbaik.

Ekspresi kekecewaan para pemain Real Madrid. Sumber: viva.co.id, 2018

Serangkaian hasil buruk diterima Real Madrid sampai pekan ke-21 di kompetisi La Liga musim ini sehingga mereka tercecer cukup jauh dengan selisih 19 poin dari pemuncak klasemen, Barcelona. Sebagai juara bertahan, El Real mungkin boleh berharap bisa menjadi juara La Liga musim ini dengan masih menyimpan satu partai dan memang secara matematis masih terbuka namun kurang realistis dan cukup sulit.

Sialnya lagi, Los Blancos harus tereliminasi oleh sepakbola Leganes dari ajang Copa Del Rey dengan aggregat 2-2 , dimana Leganes berhak lolos dari babak perempat final setelah menang produktivitas gol tandang.

Dengan tersingkirnya dari ajang Copa Del Rey dan ada selisih 19 poin di ajang la liga, realistis saja kini Real Madrid harus memfokuskan diri dan bekerja lebih keras demi memenangi Liga Champions musim ini dan untuk melengkapi gelar la decimotercero (gelar ke-13) dan sebagai klub pertama yang mampu "hattrick" juara Liga Champions dengan format baru serta menasbihkan diri di dalam sejarah kompetisi terelit seantero Eropa dan sejarah klub.

Mungkin benar jikalau Real Madrid  berhasil mengangkat si kuping besar musim ini, itu akan menjadi tahun yang luar biasa bagi semua Madridista di dunia dan akan cukup menyelamatkan musim Real Madrid.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline