Lihat ke Halaman Asli

Mau Minum Apa, Semuanya Ada

Diperbarui: 29 November 2020   16:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penjual minuman dingin (DokPri)

Minggu pagi jalan jalan nyari keringat. Eh kok saya mendapati fenomena baru. Strategi pemasaran atau strategi bertahan hidup saja ?

Mengusung konsep food truck, sekarang ini marak cara berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau seperda onthel.

Mereka semakin marak ketika pemerintah melonggarkan ketentuan PSBB. Ketika aturan diperlonggar masyarakat pun mulai berani keluar rumah.

Ingat kan ketika Car Free Day diadakan kembali setelah ada PSBB Transisi ? Masyarakat begitu euforia tumplek blek di sepanjang jalan Sudirman Thamrin Jakarta. Daerah-daerah lain pun demikian juga keadaannya. Antusias.

Rupanya ini dilihat sebagai peluang usaha. Dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor banyak bermunculan pedagang dengan beraneka macam dagangan.

Strategi Pemasaran atau Survival

Berjejer penjual kopi (DokPri)

Fenomena sosial ini menarik. Apakah mereka menerapkan strategi pemasaran atau dalam rangka mempertahankan hidup ?

Kalau dibilang strategi pemasaran saya kira ada benarnya. Seperti artikel marketing mixnya pak Kris Banarto. Salah satu bauran pemasaran adalah place dari 4P lainnya.

Jika ingin sukses berjualan maka pilihlah tempat yang strategis. Tenpat yang paling strategis adalah tempat yang banyak orang. Mereka adalah konsumen yang potensial.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline