Minggu pagi jalan jalan nyari keringat. Eh kok saya mendapati fenomena baru. Strategi pemasaran atau strategi bertahan hidup saja ?
Mengusung konsep food truck, sekarang ini marak cara berjualan dengan menggunakan sepeda motor atau seperda onthel.
Mereka semakin marak ketika pemerintah melonggarkan ketentuan PSBB. Ketika aturan diperlonggar masyarakat pun mulai berani keluar rumah.
Ingat kan ketika Car Free Day diadakan kembali setelah ada PSBB Transisi ? Masyarakat begitu euforia tumplek blek di sepanjang jalan Sudirman Thamrin Jakarta. Daerah-daerah lain pun demikian juga keadaannya. Antusias.
Rupanya ini dilihat sebagai peluang usaha. Dengan menggunakan sepeda atau sepeda motor banyak bermunculan pedagang dengan beraneka macam dagangan.
Strategi Pemasaran atau Survival
Fenomena sosial ini menarik. Apakah mereka menerapkan strategi pemasaran atau dalam rangka mempertahankan hidup ?
Kalau dibilang strategi pemasaran saya kira ada benarnya. Seperti artikel marketing mixnya pak Kris Banarto. Salah satu bauran pemasaran adalah place dari 4P lainnya.
Jika ingin sukses berjualan maka pilihlah tempat yang strategis. Tenpat yang paling strategis adalah tempat yang banyak orang. Mereka adalah konsumen yang potensial.