Lihat ke Halaman Asli

Assaifi Mc.

Seorang Wiraswastawan

Kampung Lukis Sanan - Alternatif Wisata Kampung di Malang

Diperbarui: 15 Maret 2017   02:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

salah satu sudut Kampung Lukis Sanan (dokumen pribadi)

Mungkin di antara kita sudah banyak mendengar tentang perkembangan Kota Malang akhir-akhir ini. Beberapa waktu yang lalu pemda Malang giat membangun berbagai taman kota yang mendapat sambutan positif dari warga.

Saat ini di Kota Malang juga mulai banyak bermunculan kampung wisata. Taruh saja yang sudah cukup terkenal seperti Kampung Warna Jodipan, Glintung Go Green, Kampung Batik Celaket. Yang kesemuanya itu bertujuan memperindah kawasan yang indah dan nyaman, sehingga diharapkan bisa dijadikan tempat wisata alternatif.Nah, salah satu kampung Wisata di Malang yang cukup baru adalah "Kampung Lukis Sanan" yang berada di wilayah Kampung Sanan Malang. Kampung Sanan merupakan wilayah di Kota Malang yang sejak dulu terkenal dengan tempenya.

Ini dikarenakan sebagian besar penduduk Sanan mempunyai mata pencarian sebagai produsen tempe. Sehingga dikenal juga dengan sebutan Sanan Tempe yang tepatnya berada di wilayah Kelurahan Purwantoro Kecamatan Blimbing. Kampung Sanan terbagi dalam tiga wilayah yaitu RW 14, 15, dan 16.

dokumen pribadi

dokumen pribadi

dokumen pribadi

Hampir sebagian besar rumah warga dihias dengan berbagai macam lukisan, terutama rumah warga yang berada di wilayah RW 15.

Bila masuk ke wilayah ini akan kita jumpai berbagai jenis lukisan di tembok dinding rumah warga, Mulai lukisan pemandangan, tokoh wayang, karakter animasi, hingga yang berbentuk kapal pesiar. Selama ini semua biaya untuk melukis adalah murni swadaya masyarakat. Hal ini dikarenakan semangat warga yang ingin menciptakan lingkungan yang indah, bersih dan sehat.

kampung-lukis-sanan-2-58c83b3355977376497dcc57.jpg

Karena kreatifitas warga Sanan Tempe inilah sehingga menarik perhatian Walikota Malang yaitu Abah Anton. Beberapa waktu yang lalu beliau menyempatkan diri mengunjungi Kampung Sanan karena ingin melihat secara langsung Kampung Lukis Sanan. Selain itu kunjungan beliau juga untuk melihat kondisi infra struktur yang ada di Sanan.

Menurut salah satu warga Sanan Tempe tujuan kampung lukis sanan sebenarnya bukan hanya memperindah kampung saja, namun lebih dari itu. Warga berharap dengan adanya kampung lukis ini bisa menarik minat para wisatawan untuk datang ke Sanan dan bisa memberikan dampak positif misalnya saja dari segi ekonomi. Sebab Kampung Sanan bukan hanya sebagai Sentra Industri Tempe di Malang saja, namun dari tempat ini banyak dihasilkan camilan khas Malang yang sudah cukup terkenal yaitu Keripik Tempe yang bahan baku utamanya adalah tempe

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline