Lihat ke Halaman Asli

PTK KD 01

Diperbarui: 26 Juni 2015   12:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

PENELITIAN TINDAKAN KELAS

Latar Belakang PTK

Masyarakat dan pekerja professional yang bergerak disektor pelayanan, dituntut untuk selalu dinamis dalam meningkatkan kualitas pekerjaanya, begitu juga seorang guru professional dalam membelajarkan siswa-siswanya. Perbaikan pembelajaran di masa lalu yang diserahkan kepada para akademisi sebagai komunitas yang bertanggung jawab memperbaiki pembelajaran tidak selamanya salah tapi juga tidak tepat 100% jika diterapkan pada situasi dan kondisi yang berbeda. Siswa yang berbeda dan karakter kelas yang berbeda juga harus diperlakukanberbeda pula untuk dapat membelajarkan mereka.

Kita mengenal dua jenis penelitian, yaitu penelitian kuantitatif dan penelitian kualitatif. Penelitian kuantitatif menuntun peneliti untuk menguji sebuah teori sementara penelitian kualitatif justru membangun teori. Ke dua terori ini dalam implementasinya tentu memiliki keterbatasan-keterbatasan. Penelitian kuantitatif dalam proses generalisasinya meskipun dapat diterapkan pada populasinya, namun perlu juga melihat berbagai keterbatasan-keterbatasan dan berbagai prasarat penerapannya.Penelitian kualitatif mungkin hanya menggambarkan, menjelaskan, memberikan informasi sebuah pola, prosedur, atau budaya tertentu dan itu adalah teori dan bukan untuk diterapkan.

Penelitian tindakan (action research) merupakan nama yang diberikan kepada suatu aliran penelitian yang semakin populer dalam pendidikan. Untuk membedakan dengan penelitian tindakan (action research) dalam bidang lainpara peneliti pendidikan sering menggunakan istilah “Penelitian Tindakan Kelas/PTK” (Classroom Action Research) atau Penelitian Kelas (Classroom Research). Upaya pembenahan, perubahan, perbaikan, dan menyempurnakan pendidikan khususnya pembelajaran di kelas melalui penelitian tindakan kelas yang bernuansa praktis merupakan jawaban dari keinginan guru untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan bagaimana mereka mengadakan perubahan dan penyempurnaan dengan menggunakan dasar penelitian yang tidak berbelit-belit. Penelitian tindakan tidak menunutut kemampuan akademis yang tinggi, akan tetapi kesungguhan kerja, kejujuran pada diri sendiri untuk senantiasa mau mengoreksi kerjanya, mencari kekurangan praktek yang dilakukan, dan mencari alternatif perbaikannya. Dengan kata lain, penelitian tindakan kelas ini harus menyangkut upaya guru dalam bentuk proses pembelajaran yang lebih baik.

Jika penelitian akademis membutuhkan waktu lama, pendalaman yang akademis, skala besar, maka penelitian tindakan dapat dilakukan dengan menggunakan pengetahuan dan pengalaman guru atau berkolaborasi dengan teman atau pakar secara praktis, dapat dilakukan dalam skala kecil, yaitu di kelasnya sendiri. Penelitian tindakan tidak menambah atau membebani kerja guru, tetapi secara progresif dan terus menerus dilakukan bersama-sama dalam praktek pembelajaran dan pelaksanaannya secara langsung dapat dipraktekkan di kelas yang menjadi tanggung jawab guru.

PengertianPenelitianTindakanKelas

PenelitianTindakanKelasmenawarkancaradanprosedurbaruuntuk memperbaikidanmeningkatkanprofesionalismegurudalamprosesbelajarmengajardi kelas dengan melihat berbagai indikator keberhasilan proses dan hasil pembelajaran yangterjadipadasiswa.Ada tiga pengertian yang dapat diperoleh yaitu

1.Penelitian yaitu suatu kegiatan mencermati suatu subjek dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data dan informasi yang bermanfaat dalam meningkatkan mutu suatu hal yang menarik minat dan penting bagi peneliti.

2.Tindakan yaitu suatu kegiatan yang sengaja dilakukan dengan tujuan tertentu.

3.Kelas yaitu sekelompok siswa yang dalam waktu sama, menerima pelajaran yang samadari guru yang sama pula. Bukan sebuah ruangan tempat guru mengajar.

Jadi penelitian tindakan kelas dapat diartikan sebagai suatu kegiatan mencermati suatu subjek (kelas) dengan menggunakan cara dan aturan metodologi tertentu untuk memperoleh data dan informasi yang bermanfaat yang disengaja dalam meningkatkan mutu.

Penelitiantindakankelasdapatdilakukanolehgurusendiri, ataubekerjasama dengan teman, kepala sekolah, atau dosen. Penelitian dilakukan pada interaksi belajar siswa,penggunaanmetodemengajar,penggunaanmedia pengajaran, cara bertanya guru kepada siswa, pendekatan evaluasi yang dilakukan,dan sebagainya.Dengan demikian penelitian tindakan untuk memperbaiki praktek-praktek pembelajaran menjadi lebih efektif.

Penelitiantindakankelastidakmengorbankanprosespembelajaranyangsedang dilakukan guru. Justru dengan penelitian tindakan kelas guru dapat meningkatkan kualitasprosesdanprodukpembelajarannya.Penelitiantindakankelastidak membebani guru dalam kesehariannya, sebab guru dapat melakukannya sendiri ataubekerjasamadenganpihaklain (rekan guru, kepala sekolah atau dosen)yangdilaksanakansecaraterintegrasi dengan dengan kegiatan sehari-hari, sehingga guru tidak perlu takut melaksanakan penelitianmodelini.

Penelitian tindakan kelas dapat menjembatani antara kesenjangan teori dan praktekpendidikan.Haliniterjadikarenasetelahmenelitikegiatannyasendiri,dikelas sendiri,melibatkansiswanyasendiri.Melaluitindakan-tindakanyangdirencanakan,dan dievaluasi, guru akan memperoleh umpan balik yang sistematis tentang apa yang selama ini dilakukan dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian guru dapat membuktikan apakah teori belajar sesuai atau tidak dengan dengan kelasnya, melalui PTK inilah guru dapat mengadaptasi teori untuk kepentingan proses dan produk pembelajaranyangefektif,optimaldanfungsional.

Melalui penelitian ini guru dapat merasakan, menghayati, dan merefleksi diri apakahpraktekpembelajaranyangdilakukansehari-harimemiliki efektifitastinggi.Jika melalui penghayatan dan refleksi guru menyadari praktek yang dilakukan kurang efektif,makagurudapatmerumuskansecaratentatiftindakantertentuuntuk memperbaikikeadaantersebutmelaluiprosedurpenelitiantindakankelas.

Dari uraian tersebut sebenarnya kita dapat mendefinisikan apa yang dimaksud denganpenelitiantindakankelas.Penelitiantindakankelasmerupakanbentukpenelitian yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat dapat memperbaiki ataumeningkatkanpraktekpembelajarandikelassecaraprofesional.

Daftar Pustaka

Suyanto.Pedoman Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta.Depdikbud,1997.

Suharsimi Arikunto dkk.Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta.Bumi Aksara,2006.

Ypadmono.Memahami Penelitian Tindakan Kelas.Diakses dari (www.kompasiana.com/Feeds/) pada tanggal 29September 2010.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline