Lihat ke Halaman Asli

Rudiyanto

KADER JKN-KIS

5 Solusi Jitu Orangtua Hadapi Ujian Sekolah Anak

Diperbarui: 7 Maret 2020   10:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

bobo.grid.id

Selamat siang sahabat kompasiana, salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua mendpatkan perlindungan dari Allah SWT.

Sahabat kompasiana yang budiman ,  besok  Senin, 9 Maret 2020 putra-putri kita yang duduk di bangku SMP akan mengadakan  Penilain Tengah Semester ( PTS ) semester 2  tahun Peajaran 2020/2021, kegiatan  ini  merupakan salah satu cara mengukur kemampuan peserta didik. Sebagai  Orangtua  memandang  kegiatan  PTS  sebagai hal yang positif,  sebab melalui ulangan atau PTS  orangtua  dapat  menilai sejauh mana anaknya  telah memahami pelajaran, termasuk mencari solusi  untuk  kesulitan  anak.

Lewat PTS sekolah pula, anak-anak dilatih  keterampilan  sebagai  pembelajar, belajar  memperbaiki kesalahan, belajar  bagaimana  menangani hal-hal yang tidak ia ketahui, hingga belajar arti sebuah ketekunan dalam lingkungan sekolah.

Menurut para pakar Pendidikan   PTS atau nama lain Ulangan Tengah Semester  juga dapat melatih anak-anak untuk  mempersiapkan diri  dan merasa siap untuk menghadapi segala macam bentuk  PAS ( Penilaian Akhir Semester)  atau Kenaikan kelas, dan tak hanya ujian di sekolah saja, namun juga ujian hidup saat mereka beranjak dewasa nanti.

Dengan  seringnya  anak --anak  berlatih mengerjakan  ujian , maka anak-anak  tidak akan terlalu takut pada kegagalan atau kesalahan  dalam mengerjakan ujian karena mereka sudah dilatih untuk mengandalkan kemampuan mereka sendiri.

Peran orang tua sangat dibutuhkan disini, orang tua akan menjadi  tempat tumpuan anak dalam memberi motivasi dan semangat pada anak dalam memperoleh keberhasilan dalam ujian disekolah.

Menurut hemat penulis,  ada 5 hal yang perlu dilakukan oleh orang tua dalam mendukung anak dalam menghadapi Ujian, sehingga anak akan tumbuh menjadi siswa yang handal dalam mengahadapi ujian,   diantaranya :

  • Orang tua harus  menjalin komunikasi yang baik  dengan guru
    Anak kita  menghabiskan  setengah waktunya di sekolah. Guru menjadi salah satu sosok penting yang mengetahui perkembangan dan kekurangan anak dalam dunia akademis. Alangkah bijak bila kita selaku orangtua sesering mungkin berkomunikasi dengan guru wali kelas tentang hal-hal khusus  tentang anak kita, dan bertanya tentang  persiapan apa saja yang harus disiapkan oleh anak kita  jelang ujian, termasuk titik-titik lemah anak kita dalam belajar di sekolah.
  • Orang tua harus menciptakan  suasana santai dirumah
    Ketika menjelang ujian sekolah anak, diharapkan orang tua tidak terlalu menekan kepada anak dalam belajar, berikan waktu 15 menit anak untuk berisitirahat belajarnya, masak-masaklah makanan kesukaan anak, biar anak senang dan semangat dalam belajar.
  • Belajar sambil praktek
    Anak-anak kita  cenderung lebih mampu mengingat ketimbang  ketika mereka hanya duduk di meja dan membaca, oleh karena itu  saat anak-anak kita akan ujian IPA, libatkan benda ringan untuk dilempar dan ditangkap anak kita, pada saat itu kita coba anak kita untuk  memahami dan mengingat rumus dari benda tersebut, il melakukan pertambahan atau perkalian. lain halnya untuk anak usia dini, biarkan mereka menulis di papan tulis dengan spidol warna-warni samb
  • Ajarkan anak kita tentang strategi mengerjakan soal 

Tak hanya memahami soal, untuk bisa mengerjakan ujian dengan tepat dan cepat, anak-anak kita juga perlu diajarkan strategi. Salah satunya strategi untuk mencoret jawaban yang salah untuk soal pilihan ganda tertulis. Sehingga anak kita akan fokus untuk mencari jawaban yang benar. Lalu, ajarkan anak kita  untuk melewati soal yang benar-benar sulit untuk mengerjakan soal yang lainnya.  Ini untuk mengurangi risiko anak kita  kehabisan waktu saat ujian. Kemudian, jika masih memiliki waktu, barulah ajak anak kita kembali mengerjakan soal yang belum bisa diselesaikan atau mengecek kembali jawaban yang masih diragukan.  Minta anak kita  untuk melingkari nomor soal yang membuatnya ragu.

  • Berilah Makanan yang bergizi tinggi
    Kemampuan akademik anak kita  memang harus disiapkan jelang ujian, namun kebutuhan dasar anak kita  seperti gizi dan kecukupan tidur perlu dilengkapi. Apa saja kebutuhan dasar anak?   Menurut para ahli  mengatakan, seminggu sebelum ujian, pastikan anak mendapat banyak tidur, untuk meningkatkan peluangnya untuk mendapat nilai A pada hari ujian.  Pada hari ujian, bakar otak anak kita  dengan sarapan sehat.   Dari hasil penelitian  menyebutkan bahwa  anak-anak yang makan sarapan sehat membuat mereka lebih sedikit melakukan kesalahan dalam ujian.

Demikian lima hal yang dilakukan orang tua  kepada anak dalam menghadapi ujian di sekolah, semoga bermanfaat. Amin .....




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline