Lihat ke Halaman Asli

Rudiyanto

KADER JKN-KIS

Manfaatkan Akhir Liburan Panjang Sekolah

Diperbarui: 7 Juli 2018   08:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

foto: tribunnews.com

shutterstock.com

Hallo sahabat Kompasiana, sehat semua bukan, penulis doakan moga aja sahabat kompasiana sehat semua..Amin

Sudah 5 Pekan atau satu bulan lebih lamanya, anak-anak kita liburan,dari mulai liburan menjelang Lebaran Idul Fitri 1439 H /2018 yaitu berdasar Keputusan MenPan RB No. 223, 46,13 tahun 2018 cuti bersama di mulai tanggla 11 Juni 2018  sampai 20 Juni 2018. Di tambah libur akhir Tahun sekolah yang nanti anak akan kembali bersekolah tanggal 16 Juli 2018 mendatang.

Memang liburan adalah sesuatu yang di tunggu -- tunggu oleh para siswa/anak -- anak. Tidak hanya siswa yang selalu menunggu yang namanya liburan, namun para pekerja, mahasiswa, atau siapa pun yang sehari -- harinya yang penuh kesibukan pasti menginginkan liburan.

Durasi atau waktu yang banyak liburnya ini membuat anak yang mengeluhkan kebosanan / kejenuhan. Dan saat libur panjang banyak anak yang kebingungan untuk melakukan aktivitas apa?. Terkadang sedikit lucu, waktu libur panjang mereka mengeluhkan rasa bosan atau jenuh dan merindukan aktivitas sekolah yang sangat aktif  sekali, lalu waktu kembali sekolah atau sibuk mereka akan mengeluhkan "kapan libur?". Itu sesuatu hal yang sering di utarakan oleh banyak anak yang  waktu liburannya  mengalami kejenuhan / bosan.

Liburan memang beberapa minggu lagi akan selesai,  sebagian bagi siswa kelas 7,10 mungkin sudah memulai berangkat terlebih dahulu karena telah melaksanakan Pendaftaran di Jenjang berikutnya. Liburan memang sangat menyenangkan bagi para pelajar, karena liburan dapat dimanfaatkan untuk merefreshing otak kita setelah beberapa lamanya kita dihadapkan oleh pelajaran-pelajaran yang ada di sekolah. Moment liburan sering juga menjadi sebuah kebosanan jika kita melewatkan liburan yang panjang dengan hanya berada di rumah. Seringkali juga ketika liburan itu terlalu panjang, persedian materi dan non materinya tidak memadai, kebanyakan liburan itu nantinya akan menjadi membosankan.

Oleh Karena itu, penulis ingin sedikit memberikan saran bagi para pelajar dalam menghabiskan pekan akhir liburan sekolah, agar tidak timbul kejenuhan, yaitu ;

1. Jangan Sering Tidur

Kebanyakan para pelajar baik laki maupun perempuan sering melakukan aktivitas tidur atau mbangkong setiap kali ada liburan. Memang sih bisa dikatakan aktivitas tidur membuat badan kita akan lebih fresh dan membuat badan kita menjadi jreng lagi. Namun dibalik itu semua, kebanyakan para pelajar di saat liburan menikmati tidurnya lebih dari 6-8 jam, itu sangat merugikan karena melewatkan liburan melalui mimpi di otak bawah sadar kita. Sebaiknya jangan terlalu melakukan aktivitas tidur di saat liburan panjang karena akan membuat kita bosan, sebaiknya lakukanlah hal-hal yang lebih bermanfaat.

2. Jangan Terlalu Banyak Menonton TV

Televisi sebagai media hiburan kita sehari-hari, televisi yang menjadi media kita untuk mendapatkan informasi, kreasi dan inovasi ini memang jika kita terus menerus melihat televisi di saat liburan panjang, lama-lama kita akan merasa bosan dengan acara-acara yang ada di televisi. Sebaiknya anda menonton televisi di pagi hari dan malam hari karena di waktu itulah televisi sering menayangkan progam-progam yang bermanfaat dan menarik untuk dilihat.

3. Silahturahmi ke Rumah Sanak Saudara atapun Teman Sejawat

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline