Lihat ke Halaman Asli

Rudiyanto

KADER JKN-KIS

Rezeki Manis Sop Buah Menjelang Ramadan

Diperbarui: 1 Mei 2018   02:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi. (tribunnews.com)

Lamanya 18 hari lagi kita akan bertemu dengan bulan Ramadan kembali, dimana seluruh umat Islam di dunia akan menjalankan ibadah puasa. Usaha kuliner yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang tinggi di bulan Ramadan, adalah usaha sop buah.

Di wilayah Brebes dan sekitarnya sudah mulai bermunculan para pedagang sop buah yang datang dari luar daerah brebes, yakni mereka berasal dari daerah Cirebon. Para pedagang ini datang ke kota bawang hanya pada musim menjelang Ramadan, karna pada momen ini lah banyak masyarakat brebes yang suka berburu kuliner menjelang berbuka puasa.

Momen inilah yang perlu disikapi oleh warga brebes untuk bisa meniru dan bersaing dengan mereka untuk berjualan sop buah seperti mereka yang hijrah jauh dari kota tetangga. Mereka tahu daya beli masyarakat Brebes jauh lebih konsumtif dibandingkan dengan masyarakat kota yang lain. Inilah yang menjadi dasar kenapa mereka mau berburu rupiah di kota endog asin.

Jika kita perhatikan, bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sop buah ini sangatlah sederhana dibandingkan dengan menu takjil ramadan lainnya. Sesuai namanya sop buah, maka isinya adalah aneka buah dengan diberi kuah manis dan dingin. Penyajian nya pun sangat sederhana dan tidak begitu memerlukan ketrampilan khusus untuk dapat menjalankan usaha ini, aneka buah hanya dipotong kecil-kecil, lalu di taburi es serut dan terakhir di lumuri oles susu kental.

Melihat hal itu, sepertinya siap saja dapat dengan mudah menjalankan usaha berjualan sop buah ini. Bagaimana dengan keuntungan yang di dapat ? mari kita analisa bersama mengenai perhitungan keuntungan usaha sop buah ini :

Taruhlah harga sop  pada bulan ini rata-rata 8000 per porsinya. Agar memudahkan perhitungan, misalnya dalam satu porsi terdapat lima macam buah, harga setiap buah perkilonya misalnya 15.000 /kg. Jadi jika pedagang tersebut misalnya saja menyediakan sto jualannya 1 kg untuk setiap buah, dikalikan dengan 5 macam buah, maka sebagai modal membelinya menjadi 75.000 ( 5 kg).

Jika 5 kg buah tersebut di bagi untuk menjadi 20 porsi sop buah, maka masing-masing porsi akan mendapatkan 250 gram aneka buah ( 5kg atau 5000 gram : 20 Porsi ), itu sudah lebih cukup untuk ukuran porsi sop buah. Dengan begitu 20 porsi dikalikan 8000 rupiah hasilnya adalah 160.000 rupiah.

Wah keuntungannya  dua kali lipat, cukup menggiurkan bukan. Tapi keuntungan tersebut belum dipotong biaya es serut, susu, serta kemasan. Jika dalam satu hari bisa menghasilkan sop buah berates-ratus porsi sop buah, silakan hitung sendiri keuntungan yang di dapatkan.

Tentunya dengan melihat analisa diatas berjualan sop buah ini termasuk peluang usaha yang menguntungkan di bulan ramadan, namun sifatnya hanya sebagai usaha musiman. Dikarenakan ramainya menjelang waktu berbuka puasa saja. Walaupun di bulan biasa ada pembelinya namun jauh lebih sedikit.

Bulan Ramadan yang hampir dekat ini, manfaatkan dengan baik untuk menjadikannya sebuah usaha sampingan yang lumayan, terlebih lagi waktu yang diperlukan untuk menjalankannya juga hanya beperapa jam saja..selamat mencoba...




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline