Lihat ke Halaman Asli

Komitmen adalah

Diperbarui: 31 Oktober 2020   16:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Berbicara arti dari sebuah KOMITMEN, berat ya mendengar kata tersebut, tapi kenapa tidak kita buat SEDERHANA saja....

KOMITMEN dapat diartikan dengan BERPEGANG TEGUH dan FOKUS Pada Keputusan yg diambil, tanpa mempertanyakan apa-apa lagi, apapun keadaan yg akan berlansung . Biasanya sesuatu yg membuat seseorng memikul resiko dan konsekuensi dari keputusan tanpa mengeluh dan menjalaninya dengan penuh rasa syukur sebagai bagian dari kehidupan yg terus berproses.

Terkadang, sebuha KOMITMEN bisa membuat seseorng berani SETIA dan PERCAYA, meskipun harapannya TIDAK kunjung terpenuhi dan TIDAK ada yang dapat dijadikan jaminan olehnya. Karena seseorang yakin DIBALIK KESULITAN pasti ada KEMUDAHAN dengan kuatnya KOMITMEN yg telah tertancapkan dalm dirinya.

KOMITMEN ialah, sesuatu yang melampaui segala bentuk Perbedaan, Perselisihan maupun Pertengkaran. Karena ia TIDAK dapat dihancurkan oleh Kekurangan, Kelemahan maupun Keterbatasan lahiriah. Ketika kita mengatakan ‘Aku berKomitmen’, maka sejatinya kita HARUS BERANI mengikatkan diri dalam sebuah KOMITMEN tersebut dan secara tidak langsung kita telah ‘mati’ terhadap kepentingan diri sendiri.

Jadi inget sebuah firman Allah,

“ Sungguh orang-orang yang berjanji setia kepadamu, tiada lain dari berjanji setia kepada Allah, Allah meletakan tangan-Nya diatas tangan mereka. Tetapi barang siapa MELANGGAR JANJI, tiada lain dari melanggar janji terhadap dirinya sendiri. Dan barang siapa MENEPATI JANJI yang dijanjikan kepada Allah,  Allah akan memberinya pahala berlimpah “

Ternyata berKOMITMEN itu rada sulit juga yaa...  hehe...

Meski menyatakan sebuah janji adalah pekerjaan yang sangat mudah, namun menepati janjinya adalah sebuah langkah emas yg mampu meraih kepercayaan yg sangat tinggi nilainya bagi orang lain. Mungkin hanya sebuah janji kecil, tapi sesungguhnya hal  tersebut sangat berpengaruh pada KREDIBILITAS seseorang.

Berjanji adalah suatu hal yang amat PENTING, begitu pentingnya sampai-sampai mendapat perhatian serius dari Allah melalui ayat di atas. Sebaliknya, TIDAK menepati janji adalah suatu langkah yg sangat mematikan KREDIBILITAS seseorang. Oleh karena itu JANGANLAH BERJANJI sekiranya kita tidak yakin bisa menepatinya.

Maka berhati-hatilah terhadap yang dinamakan dengan “ KOMITMEN “.  Mari kita perbaharui KOMITMEN kita kembali.... mencoba menepati janji-janji kita meskipun kecil dan menurut kita tak berarti. Padahal diujung sana, ada seseorang yang tengah menanti KOMITMEN dan harapannya untuk ditemui.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline