Lihat ke Halaman Asli

Pancasila

Diperbarui: 6 Juli 2021   00:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila digali dan diambil dari budaya bangsa Indonesia itu sendiri, maka pancasila mempunyai fungsi dan peranan yang sangat luas dalam kehidupan masyarakat, berbangsa dan bernegara.

Fungsi dan peranan itu terus berkembang sesuai dengan tuntutan zaman. Itulah sebabnya, Pancasila memiliki berbagai predikat sebagai sebutan nama yang menggambarkan fungsi dan peranannya itu sendiri.

Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu, artinya kelima pancasila merupakan pegangan dan pedoman dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Beberapa teminologi yang dikemukakan para pakar untuk menggambarkan peran pancasila sebagai rujukan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pengertian Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan. 

ilmu dapat mengacu pada bebarapa jenis pemahaman Salah satunya adalah bahwa setiap ilmu pengetahuan dan teknologi yang dikembangkan di Indonesia haruslah tidak bertentangan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Dengan pancasila kita dapat mengembangkan berbagai hukum bahkan ilmu yang dapat berguna bagi kehidupan kita sehari-hari. pancasila merupakan dasar negara yang saat ini masih dipeganng teguh bagi warga indonesia , dengan dasar negara yaitu pancasila kehidupan warga negara indonesia dapat terkontrol dengan baik melalui butir-butir yang terkandung di dalam pancasila.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline