Lihat ke Halaman Asli

Muhammad AmmarSyadid

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Menu Berbuka Sederhana di Festival Ramadhan PUSDAI tapi Bikin Perut Kenyang

Diperbarui: 27 Maret 2024   21:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Stand jualan Zupa-zupa.(Ammar Syadid)

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat muslim diseluruh dunia, karena pada bulan yang suci ini setiap perbuatan baik akan digandakan berkali-kali lipat, maka banyak sekali umat muslim yang berlomba-lomba untuk mengejar kebaikan dan meningkatkan ibadahnya. Namun, selain dari bulannya yang suci, Ramadhan pun kerap dikaitkan dengan berbagai macam kuliner yang hadir dibeberapa tempat. Sehingga, tidak hanya umat muslim saja yang bisa menikmati indahnya bulan Ramadhan tetapi semua orang dari anak kecil sampai orang tua.

Masyarakat Bandung sudah tidak asing lagi dengan kata "Ngabuburit", kata dasar dari istilah ini berasal dari Bahasa Sunda yaitu Burit yang memiliki arti sore atau petang. Kegiatan "Ngabuburit" ini merupakan hal yang sering dilakukan oleh warga Bandung untuk menghabiskan waktunya sambil menunggu waktu untuk buka, dan bagi banyak orang kegiatan ini sering kali diisi dengan mencari makanan dan minuman untuk buka puasa atau  yang sering disebut dengan "takjil".

Dibeberapa titik Kota Bandung terdapat spot untuk kita berburu takjil, salah satunya adalah Festival Ramadhan PUSDAI yang terletak di samping Masjid PUSDAI, Jalan Diponegoro, Kecamatan Cibeunying Kaler.  Festival ini mulai pada pukul 04.oo sore dan tujuannya adalah untuk memberikan wadah untuk pedagang berjualan berbagai macam makanan dan minuman, dari mulai makanan ringan sampai makanan berat pun ada, lho. Berikut beberapa menu sederhana yang bisa anda beli dan pastinya cocok untuk teman berbuka puasa.

Rekomendasi menu yang pertama adalah  Zupa-zupa, Sup krim hangat yang kental dan ditutup dengan pastry atau puff pastry  ala croissant diatasnya menjadikan makanan ini sangat menggugah selera makan bagi orang yang melewatinya. Zupa-zupa ini ditawarkan dengan harga yang terjangkau sekitar Rp. 15.000-an sehingga menjadikan makanan ini sebagai rekomendasi menu pertama yang cocok untuk jadi teman buka puasa.

Stand jualan Risoles.(Ammar Syadid)

Selanjutnya, masih makanan dengan rasa asin dan gurih yaitu Risoles dengan beberapa varian isi seperti ayam original, ayam pedas, beef mayo dan sosis telur. Jika biasanya menu berbuka anda selalu dengan gorengan bala-bala atau gehu, Risoles dapat menjadi pilihan baru dalam menu berbuka anda, karena dengan ukurannya yang cukup besar, saos mayones, juga isian daging dan telurnya yang memenuhi Risoles ini membuat siapapun yang memakannya kenyang dan puas. Harga yang ditawarkan pun relatif murah, hanya Rp. 4000-an saja tiap satu buah risoles.

Stand jualan Croffle Poetry.(Ammar Syadid)

Terakhir, jika tadi kita sudah disuguhkan dengan makanan asin dan gurih, rasanya ada yang kurang bila tidak ada rasa manis sebagai menu berbuka puasa. Menu terakhir yang cocok sebagai menu berbuka puasa adalah Croffle, perpaduan antara croffle dan waffle menjadikan makanan manis ini makanan dengan rasa yang cukup unik, terutama jika ditambahkan dengan saus cocolan yang tersedia beberapa macam rasa. Makanan dengan nama yang ke barat-barat an ini terlihat seperti makanan yang mahal namun tentu saja itu salah, karena Croffle ini hanya ditafsir dengan harga mulai dari Rp. 5.000.

Apakah menunya hanya itu saja? Tentu tidak, karena masih banyak sekali jajanan yang bisa anda temui di Festival Ramadhan PUSDAI ini. Selain makanan ada juga beberapa minuman segar yang "menggoda" untuk dicicipi seperti cendol, dawet, es teler dan berbagai macam lainnya. Jika anda masih penasaran dengan menu apa saja yang ditawarkan dalam festival ini, silahkan untuk segera mampir dan mencoba sendiri jajanan-jajanan yang menggoda mata dan menggugah selera makan anda. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline