Lihat ke Halaman Asli

10 Tips Membangkitkan Semangat dan Optimisme di Tempat Kerja

Diperbarui: 24 Juni 2015   09:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

10 TIPS MEMBANGKITKAN SEMANGAT DAN OPTIMISME DI TEMPAT KERJA

Pernahkah Anda mendengar Slogan ini :”Kemajuan sebuah negara dan bangsa tergantung pada semangat para pengelolanya”. Slogan ini berlaku juga di semua tempat kerja, baik bekerja dilingkungan pemerintahan negara sebagai pegawai negeri, menjadi pekerja/karyawan di perusahaan BUMN atau di perusahaan swasta dalam segala bentuknya. Pengelola disini dimaksudkan semua manusia yang terlibat dalam semua kegiatan kerja ( dari yang berpangkat paling rendah sampai yang tertinggi ) dengan tujuan adanya pencapaian kemajuan kemajuan, biasanya dalam bentuk target, baik berupa materiil maupun non materiil. Jadi semangat dan optimisme para pekerja sebagai pengelola sangat penting.Saat ini sangat berbeda dengan 30 tahun yang lalu. Gaji atau upah saat ini sudah di atur bersama sehingga ada UMP (Upah Minimum Provinsi), UMSK (Upah Minimum Sektoral Kabupaten) dll. Kebutuhan Jasmani ( Asuransi Kesehatan, asuransi keselamatan kerja dll ) dan kebutuhan rohani (Rekreasi, melaksanakan kewajiban Agama, THR dll )dapat diatur dan dikompromikan bersama. Namun sebagai manusia, makhluk Tuhan yang lemah dan dibekali banyak pililhan karakter pasti kadang kadang kurang bersemangat dan kurang optimis di tempat kerja. Cobalah 10 Tips membangkitkan semangat dan optimisme di tempat kerja seperti dibawah ini

1.Bersyukurlah pada Tuhan karena Anda sudah mempunyai tempat kerja artinya anda mempunyai status baik di masyarakat, punya penghasilan yang dapat di tunggu dan diandalkan. Anda membuat keluarga sangat senang.

2.Ingat dan resapkan Etos Kerja bahwa bekerja adalah mencari nafkah untuk diri sendiri atau keluarga, kerja adalah rahmat, ibadah, kerja adalah kehormatan diri dan keluarga, kerja adalah aktualisasi diri, pergaulan bermartabat, pelayanan dll

3.Mualailah bekerja dengan doa sesuai Agama masing masing.

4.Cintai pekerjaan anda seperti anda mencintai istri dan keluarga anda.

5.Hormati diri anda artinya pantang dan malu menerima teguran atau peringatan peringatan.

6.Fokus pada tugas dan pekerjaan.

7.Pasang Slogan slogan di ruang kerja seperti “DO IT NOW NEVER DELEYED” “NEVER EVER GIVE UP” dan lain lain

8.Manfaatkan waktu istirahat untuk tidur mirip kucing tidur (Take a nap) atau dengarkan musik

9.Ingat dan pahami benar bahwa anda adalah bagian dari Team Work

10.Ingat dan pahami betul bahwa tempat kerja anda adalah bagaikan sawah ladang anda sendiri

SELAMAT MENCOBA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline