Lihat ke Halaman Asli

Jadwal Mengaji bersama Bayi

Diperbarui: 17 Februari 2018   09:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang penghafal Al-Qur'an dan menjadi anak yang memotivasi baik pada anak-anak sebayanya atau orang yang lebih tua di atasnya untuk menjadi seorang penghafal Al Quran pula. 

Cara terjitu agar anak dekat dengan Al-Qur'an supaya mudah untuk dihafalkan kelak adalah dengan memperdengarkan Al-Qur'an sejak bayi atau yang lebih baik lagi saat dalam kandungan  karena sebuah penelitian  menyatakan bahwa anak meniru setidaknya 25% perkataan yang sering didengarkannya. 

Jadwal mengaji berikut bisa orang tua terapkan pada bayi anda:

1. Bacakan sebelum dan sesudah sholat

Sebelum anda melaksanakan sholat subuh bacakan setengah juz (5 halaman) dan setelah sholat subuh bacakan setengah juz berikutnya. Artinya, anda telah membacakan 1 juz dalam satu waktu sholat. Kemudian, lakukan hal yang sama pada sholat 5 waktu. Sehingga, anda dapat membacakan 5 juz setiap hari nya pada bayi anda dan di hari berikutnya lakukan hal yang sama pada juz berikutnya. 

2. Istiqomah

Bacakan Al-Qur'an pada bayi Anda secara Istiqomah (terus menerus) dengan menggunakan jadwal di atas. Di sisi lain Anda juga akan mendapatkan pahala membaca Al-Qur'an. Aamiinn.. 

3. Perdengarkan Murottal 

Jika anda tidak bisa membaca Al-Qur'an karena suatu halangan maka putarlah Murottal Al-Qur'an sesuai jadwal di atas dan lebih baik lagi jika Anda putarkan setiap waktu. 

4. Jangan dengarkan musik 

Karena Al-Qur'an dan musik adalah dua hal yang berbeda dan tidak bisa bersatu. Hampir menjadi sebuah kemustahilan saat anda ingin menjadi penghafal Al-Qur'an tetapi masih sering mendengarkan musik. Demi lancarnya proses menghafalkan Al-Qur'an maka sebaiknya hindarilah mendengarkan musik. Wallahua'lam.. 

Semoga anak kita menjadi penolong di akhirat kelak dengan dijadikannya ia sebagai seorang penghafal Al-Quran. Amin ya robbal alamin.. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline