Lihat ke Halaman Asli

Mas Nawir

Wiraswasta/Penulis lepas

Klenyem, Makanan Jadul Banyak yang Suka

Diperbarui: 15 Februari 2020   22:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi cookpad.com

Klenyem,  adalah nama yang  unik.  Diberikan kepada sebuah nama makanan olahan dari ketela pohon yang  diparut, dibentuk bulat,  dan di dalamnya terdapat gula jawa yang  sudah mencair. Sensasi gurih di luar dan manis di dalam itu menjadikan klenyem menjadi makanan favorite keluarga kami.

Waktu  saya kecil ada seorang tetangga yang  menjajakan berbagai gorengan, klenyem adalah salah  satu menu yang tersedia.

Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.  Sebab ketela pohon  sebagai bahan klenyem,  di Indonesia sangat melimpah.

Cara membuat klenyem bisa diawali mencari ketela Yang tidak terlalu tua,  atau ukurannya tidak terlalu besar.  Agar saat diparut lebih mudah tidak terasa keras.

Ketela dikupas dan dicuci bersih,  diparut menggunakan parutan kelapa biasa. Atau kalau anda membuatnya dalam jumlah banyak,  di pasar juga ada tukang parut kelapa yang  bisa dimintai jasanya dengan ongkos rp. 1000/ kg.

Parutan ketela diperas menggunakan kain kassa yang  bersih untuk mengurangi kadar air dan kandungan tepungnya.  Sebab kalau tidak diperas,  nanti klenyem akan berasa agak pahit.

Parutan ketela yang  sudah diperas ditaburi sedikit garam.  Jangan terlalu banyak,  sebab  taburan garam hanya untuk menghilangkan rasa hambar pada parutan ketela.

Setelah itu parutan ketela dibentuk dalam bulatan-bulatan sebesar bola ping-pong dan mengisikan gula jawa yang  telah diiris halus ke dalam bulatan.

Panaskan minyak goreng dengan api kecil,  ingat bulatan klenyem harus tenggelam dalam minyak agar bisa matang merata.

Setelah bulatan berubah warna kecokelatan itu tandanya klenyem sudah matang.  Angkat dan tiriskan.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline