Lihat ke Halaman Asli

Mas Nawir

Wiraswasta/Penulis lepas

Hitungan-hitungan Tertentu Bisa Memengaruhi Kondisi Metafisika

Diperbarui: 26 Januari 2020   09:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi Pixabay

Konon dunia ini dibuat oleh Sang Pencipta dalam kondisi sempurna. Tidak ada sesuatu apapun yang kurang. Melalui sebuah proses Kun fayakun.
Manusia diciptakan dibekali akal budi agar mau berfikir dan berproses sebagaimana Sang Pencipta menciptakan dunia.

Penciptaan segala sesuatu di dunia ini mengandung formula rahasia yang terus digali oleh manusia sebagai ladang pengetahuan.

Akal budi yang diberikan pada manusia berfungsi mensinkrinkan satu rumus dengan rumus yang lain hingga ditemukan sebuah natijah tentang keberadaan, dan formasi sebuah benda.

Tidak hanya benda yang bersifat realistis tapi juga benda-benda abstrak tak terbentuk sehingga manusia bisa mengidentifikasi sebuah benda. Baik memberikan nama, mengambil manfaat, maupun  membentuk  benda lain agar lebih bermanfaat.

Seorang ilmuwan akan melakukan sebuah penelitian yang panjang dan melelahkan saat  menemukan sebuah benda baru yang berpotensi menjadi sumber pengetahuan.

Sesungguhnya alam semesta ini terjadi sesuai ketetapan Sang Pencipta. Formulasi tak tak terdeteksi panca indera membuat manusia hanya bisa menikmatinya.

Bumi beserta isinya ini hidup sesuai kodratnya. Benda hidup benda mati, manusia binatang akan berkembang dengan sendirinya sesuai kodrat masing-masing.

Manusia mungkin bisa meneliti pohon cabe, tapi untuk membuat sebjj cabe yang persis seperti  yang sudah Allah buat, takkan ada seorangpun yang mampu melakukan.

Setiap manusia pasti punya rencana dengan hidupnya. Rencana untuk keuangan, kesehatan, pendidikan, karier, jodoh dan sebagainya.

Akhir tahun adalah momen untuk muhasabah, menghitung langkah yang kurang, atau memperbaiki strategi. Dan tahun baru menciptakan lagi harapan dan aksi yang baru agar program di tahun yang sudah berlalu menjadi lebih baik di tahun yang akan datang.

Perjalanan manusia mengandung formulasi rahasia yang tak mudah dipecahkan. Manusia hanya bisa merancang, dan merencanakan serta menciptakan aksi untuk mewujudkan. Tapi hasil akhir tetap tergantung qodho dan qodar yang telah Allah tetapkan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline