Lihat ke Halaman Asli

Tempat Kursus IELTS Terbaik di Pare

Diperbarui: 19 Maret 2022   14:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

titiknolenglish.com

Belajar bahasa Inggris sangat diperlukan di zaman yang serba internasional seperti saat sekarang ini. Kemampuan menguasai bahasa Inggris juga sangat diperlukan khususnya untuk melanjutkan kuliah di luar negeri. Untuk bisa melanjutkan kuliah di luar negeri, banyak provider-provider beasiswa yang menyediakan informasi dan membuka peluang pendaftaran bagi siapapun yang ingin kuliah di luar negeri. Namun, sebelum mendaftarkan diri untuk melanjutkan kuliah di luar negeri Anda harus menguasai bahasa Inggris dan memiliki sertifikat resmi, salah satunya adalah sertifikat IELTS.

IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System. IELTS merupakan sistem tes bahasa Inggris dengan skala Internasional dan sudah sangat populer. TOEFL dan IELTS merupakan dua tes kemampuan bahasa Inggris utama di dunia. IELTS diakui di beberapa negara besar di dunia karena IELTS memiliki lebih dari 1.000 pusat tes yang tersebar di 140 negara.

Selain itu, IELTS juga diakui oleh institusi pendidikan yang berada di negara-negara, seperti: Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan dan beberapa badan profesional di seluruh dunia termasuk Dinas Imigrasi Selandia Baru serta Dewan Media Inggris General Medical.

Format dalam tes IELTS sangat berbeda dengan tes TOEFL. Tes IELTS akan diberikan dalam 4 bagian, yaitu: Listening, Reading, Writing dan Speaking. Sistem tes pada IELTS menyajikan skala penilaian skor dalam angka, mulai dari 1 hingga 9.

Jika Anda masih bingung mencari perbedaan antara TOEFL dan IELTS, berikut perbedaan TOEFL dan IELTS yang penulis rangkum berdasarkan pengalaman penulis:

Perbedaan TOEFL dan IELTS

Meskipun sama-sama merupakan tes bahasa Inggris berstandar internasional, akan tetapi tes TOEFL dan IELTS memiliki banyak perbedaan. Di antaranya seperti di bawah ini :

  1. Fungsi

Perbedaan TOEFL dan IELTS yang pertama bisa Anda ketahui dari fungsinya. IELTS biasanya dipakai untuk keperluan akademik atau kepentingan umum lain seperti berganti kewarganegaraan, kerja atau liburan ke luar negeri.

Sedangkan TOEFL memiliki fungsi yang berbeda-beda tergantung pada tipe tes yang dipilih. Contohnya saja TOEFL IBT untuk keperluan beskala internasiona dan TOEFL ITP untuk skala nasional atau keperluan akademik di kampus negeri seperti mendaftar beasiswa LPDP.

  1. Tipe

IELTS hanya memiliki satu tipe tes yaitu: IELTS itu sendiri. Tes IELTS meliputi empat sesi yaitu listening, reading, writing dan speaking. Sedangkan TOEFL memiliki beberapa tipe tes yaitu TOEFL Prediction, TOEFL IBT, TOEFL ITP dan yang terbaru adalah TOEFL IBT Home Edition.

  1. Harga 

Harga sertifikat IELTS lebih mahal jika dibandingkan dengan tes TOEFL. Untuk menjalani tes EILTS, peserta biasanya dibebankan dengan biaya sekitar 3 juta rupiah. Harga ini sebenarnya setara dengan tes TOEFL IBT.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline