Lihat ke Halaman Asli

Olah Raga Ringan Saat Hamil

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14005697231892736901

Senam hamil adalah salah satu olahraga ringan yang dianjurkan oleh banyak ahli kandungan. Alasannya tentu saja karena aktivitas yang satu ini bisa jadi stimulasi yang baik bagi bayi selain olahraga ini juga melenturkan otot dan sendi perempuan yang sedang mengandung sehingga melancarkan proses persalinan. Olahraga ini dapat dilakukan secara berkelompok dengan teman-teman ibu yang sedang mengandung lainnya atau secara individu di rumah.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ketika akan melakukan olahraga ringan yang satu ini adalah berkonsultasi dengan dokter. Diskusikan dengan mereka manfaat dan larangan yang perlu dihindari ketika akan melakukan olahraga ini. Setelah itu, cobalah mencari banyak referensi mengenai gerakan-gerakan yang dianjurkan dan jangan dilakukan ketika melakukan olahraga senam ringan ini. Alangkah lebih baiknya jika kita dapat mencari klub senam khusus ibu-ibu hamil, sehingga di tempat tersebut selain kita dapat berolahraga kita juga dapat berbagi banyak pengalaman dengan orang-orang tersebut. APalagi di tempat tersebut biasanya dilengkapi dengan instruktur khusus yang sudah paham seluk beluk senam untuk ibu hamil.

Melakukan Senam hamil di rumah sembari berelaksasi dan mendengarkan musik klasik atau musik lainnya juga bisa dilakukan jika dirasa kita telah mengetahui gerakannya. Yang perlu kita perhatikan adalah jangan terlalu memaksakan gerakan-gerakan yang dianggap sulit. Informasi di dunia maya juga menjadi begitu penting bagi kita untuk mengetahui lebih jauh mengenai hal-hal yang belum kita mengerti mengenai aktivitas olahraga ini. Dengan informasi tersebut menjadi semacam panduan atas pertanyaan yang membingungkan kita.

[caption id="attachment_324627" align="aligncenter" width="300" caption="Senam Hamil (sumber:zwitsal.co.id)"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline