Lihat ke Halaman Asli

Perawatan Bayi 4 Sampai 6 Bulan

Diperbarui: 23 Juni 2015   21:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Beauty. Sumber ilustrasi: Unsplash

Cara perawatan bayi di usia 4 sampai 6 bulan diantaranya adalah pemberian makan. Pada usia ini rata-rata bayi sudah siap untuk menyantap makanan padat. Meskipun dari segi usia sudah dirasa cukup, namun kita perlu melihat beberapa tanda berikut untuk memastikan bahwa bayi memang benar-benar telah siap untuk makan makanan padat.

Tanda tersebut adalah bayi sudah mulai dapat menegakkan kepalanya, dapat duduk dengan baik di kursi yang tinggi, dapat membuat gerakan mengunyah, menunjukkan kenaikan berat badan yang signifikan sekitar dua kali lipat dari saat lahir atau 13 pon, menunjukkan minat dalam makan, bisa menutup mulut, bisa memindahkan makanan dari depan ke belakang mulut, dapat mengerakkan lidah bolak-balik, dan tetap lapar setelah 8 hingga 10 kali disusui.

Jika tanda di atas sudah muncul, maka kita harus mulai memberikan makanan ASI atau susu formula dan makanan berbentuk bubur seperti ubi, apel, pisang, pir dan lain sebagainya. Kita dapat mencobanya sekitar satu sendok the makanan bubur atau sereal per hari. Campur sereal dengan susu formula atau ASI hingga 4 atau 5 sendok sehingga akan menjadi sangat berair. Seiring dengan berjalannya waktu, kita bisa terus menambah intensitas pemberian makanan. Pemberian makan merupakan salah satu hal penting dalam cara perawatan bayi sehingga perlu kita perhatikan dengan baik. Memastikan pasokan nutrisi pada bayi kita merupakan tanggung jawab orang tua.

[caption id="" align="aligncenter" width="204" caption="Cara Perawatan Bayi (Sumber: zwitsal.co.id)"][/caption]




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline