Lihat ke Halaman Asli

Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak

Diperbarui: 8 Mei 2024   11:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Koneksi antar materi pada modul 1.3 Visi Guru Penggerak dengan tujuan pembelajaran Calon Guru Penggerak dapat mengaitkan materi-materi yang telah dipelajari dan materi lain yang relevan ke dalam rencana manajemen perubahan yang menerapkan paradigma dan model inkuiri apresiatif. Dimana materi sebelumnya terdapat pada Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pemikiran KHD, Modul 1.2 Nilai-nilai dan Peran Guru Penggerak akan kami koneksikan dengan materi pada Modul 1.3 Visi Guru Penggerak.

Pada koneksi antar materi modul 1. 3 ini terdapat pertanyaan pemantik yaitu :

Apa yang Bapak atau Ibu pahami mengenai kaitan Peran pendidik dalam mewujudkan filosofi Ki Hajar Dewantara dan profil pelajar Pancasila pada murid-muridnya dengan paradigma inquiry apresiatif atau ia di sekolah bapak atau ibu?

Menurut saya seorang pendidik haruslah menjadi contoh atau teladan bagi anak didiknya sesuai dengan filosofi Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang bertujuan untuk menuntun segala kodrat yang ada pada anak mengikuti kodrat alam (sesuai dengan kondisi alam murid) dan kodrat zaman (mengikuti perkembangan zaman yang ada). Agar dapat memberi pendidikan yang menuntun maka seorang pendidik harus memahami dengan sepenuh hati dimensi-dimensi yang terdapat pada profil pelajar Pancasila ke-6 dimensi tersebut antara lain Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, Berkebhinekaan global, Gotong royong, Mandiri, Bernalar kritis dan Kreatif. Profil belajar Pancasila tersebut dapat terwujud jika seorang guru memiliki visi untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik di lingkungan sekolahnya. 

Agar dapat menciptakan visi yang berpihak pada murid maka dapat menggunakan pendekatan inkuiri apresiatif atau IA. Inkuiri apresiatif adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan. Di sekolah saya yaitu SMK Negeri 2 Slawi sebagian besar peserta didik sudah memiliki gadget berupa HP. Di sekolah saya diperbolehkan membawa HP ke sekolah untuk digunakan pada saat pembelajaran hal itu sesuai karena saat ini segala bentuk informasi dan aplikasi yang berkaitan dengan teknologi pembelajaran dapat diakses melalui HP, dari hal tersebutlah saya mencoba mewujudkan paradigma inkuiri apresiatif melalui Prakarsa Perubahan yaitu Mewujudkan Karakter Kreatif dan Inovatif melalui Media Belajar Berbasis IT diharapkan Prakarsa Perubahan tersebut dapat mewujudkan peran pendidik dalam Filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara yang berpihak pada murid dengan mengikuti kodrat alam dan kodrat zaman serta dapat menciptakan profil pelajar Pancasila.

Pertanyaan pemantik yang kedua yaitu :

Revisi dan rumuskan dengan penuh keyakinan visi yang telah bapak atau ibu buat berdasarkan Jawaban pertanyaan di atas ke dalam sebuah visi yang membuat bapak atau ibu bersemangat ketika membacanya dan menggerakkan hati setiap orang yang membacanya!

Di tugas demonstrasi kontekstual sebelumnya saya telah membuat visi yaitu Mewujudkan Murid yang Kreatif dan Inovatif  namun berdasarkan paradigma inkuiri apresiatif yang telah saya rancang maka visi tersebut saya revisi menjadi Mewujudkan Generasi Tangguh yang Kreatif dan Inovatif. Alasan pemilihan visi tersebut adalah saya ingin menciptakan generasi yang mampu menguasai Teknologi memiliki daya saing dan tentunya memiliki karakter yang baik, kreatif serta inovatif terutama di bidang IT.

Demikian Tugas Koneksi Antar Materi Modul 1.3 Visi Guru Penggerak, semoga bermanfaat. Lekas Tergerak... Terus Bergerak... Untuk selalu Menggerakkan... Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat...

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline