Lihat ke Halaman Asli

Media Pembelajaran Matematika : Teknik Perkalian Menggunakan Bantuan Ruas Garis

Diperbarui: 26 Juni 2015   15:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Operasi perkalian merupakan operasi dasar matematika yang harus dikuasai dengan baik oleh anak, yang merupakan modal awal untuk mempelajari materi-materi lain dalam matematika. Begitu pentingnya operasi ini hingga sebagian guru menganjurkan siswa agar menghapal  hasil opersi perkalian bilangan kecil (kurang dari 100).

Operasi perkalian ini diajarkan kepada siswa setelah menguasai dengan baik teknik pernjumlahan dan pengurangan. Ada banyak media yang dapat digunakan guru maupun siswa untuk memudahkan siswa (terutama SD dan SMP) memahami teknik-teknik perkalian. Saya membaca dari beberapa literatur online ada satu teknik menyelesaikan perkalian dengan menggunakan bantuan ruas garis. Menurut saya teknik ini baik untuk diterapkan pada siswa SD dan mungkin sebagian siswa SMP masih ada yang memerlukan teknik ini.

Berbekal literatur tersebut saya mencoba membuat satu media pembelajaran interaktif untuk membantu siswa memahami dan menggunakan teknik tersebut. Berikut adalah hasil karya sederhana saya yang dapat digunakan secara online, semoga dapat sedikit memberi manfaat untuk membantu anak-anak yang masih memerlukan penjelasan tentang teknik perkalian bilangan asli. Untuk menggunakan secara offline silahkan download disini Teknik Perkalian dg bantuan garis:

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline