Lihat ke Halaman Asli

Parkit dan Kelinci

Diperbarui: 6 Maret 2018   13:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Hari ini penulis mendampingi anak-anak outbond ke Bhumi Merapi Yogyakarta. Hal ini dilakukan dalam rangka field trip alias pembelajaran di lapangan. Di tempat ini, anak-anak melihat aneka satwa. Diantara satwa yang menjadi perhatian penulis adalah burung parkit dan kelinci.

Parkit memiliki bulu yang sangat indah. Warnanya beraneka ragam, dengan kombinasi yang begitu apik. Burung ini memiliki satu keunikan yaitu setia dengan pasangannya. "Parkit ini begitu sudah mendapat pasangan, dia tidak akan berganti-ganti, Mbak. Dia selalu bersama pasangannya itu, kemudian bergantian menjaga telur sampai menetas, kemudian bersama-sama memberi makan dan berjaga anaknya sampai mandiri", demikian kata pemandu wisata. Wah, hebat banget ya, gumam penulis dalam hati.

Setelah itu, penulis mendampingi anak-anak ke kandang kelinci. Disana kami berjumpa dengan aneka ras kelinci yang memiliki bulu-bulu yang sangat lembut. Namun demikian, ada satu hal yang menarik dari kelinci ini. "Kalau kelinci ini beda dengan parkit, Mbak. Dia kemanapun pergi dan mendapati betina, kalau dia suka terus dia kawini begitu saja, jadi suka berganti-ganti. Makanya kelinci pernah dijadikan simbol oleh sebuah perusahaan majalah porno terkenal di luar negeri." kata mas yang memandu kami.

Dari dua binatang tersebut, penulis mendapatkan hikmah yang luar biasa. Silakan pembaca menyimpulkan sendiri. Sungguh hebat, Allah menciptakan segala sesuatu tentu mempunyai maksud. Adakah manusia yang mengambil pelajaran?. "Mari anak-anak kita ke pendopo yaah, sudah waktunya shalat dzuhur. Hayo siapa yang mau jadi Imam angkat tangan ". Alhamdulillah




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline