Lihat ke Halaman Asli

Tujuan, Fungsi dan Prinsip-prinsip dalam Pendidikan Anak Usia Dini

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Pendidikan anak Usia dini merupakan salah satu bentuk pendidikan yang utama dimasa golden age.peran pendidikan PAUD dirasa sangat penting dalam masa pertumbuhan seorang anak dalam tingkat dasar. Sehingga, anak dapat mempersiapkan diri dalam memasuki jenjang pendidikan yang selanjutnya,

untuk itu ada tujuan diselenggarakannya PAUDmenurut ( maimunah Hasan : 2009) yaitu :


  • Membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya, sehingga memiliki kesiapan yang optimal didalam memasuki pendidikan dasar serta mengarungi kehidupan dimasa dewasa.

  • Membantu menyiapkan anak mencapai kesiapan belajar (akademik) di Sekolah

Selain mempunyai tujuan PAUD juga memiliki fungsi agar tercapainya visi dan misi suatu organisasi yang meliput :

ØFungsi adaptasi,

Fungsi adaptasi ini merupakan fungsi pertama yang harus ditekankan kepada anak, sehingga anak mampu menyesuaikan diri terhadap lingkungan yang baru.

ØFungsi sosialisasi,

Fungsi ini diterapkan agar anak mampu memiliki ketrampilan sosial.

ØFungsi pengembangan.

Masa golden age merupakan masa keemasan, lah disinilah cara salah satu mengembangkan bakat seorang anak. Semua anak pasti memiliki bakat yang berbeda-beda. Dan di usia dini inilah masa yang palin berkembang untuk mengembangkan masa keemasan tersebut.

ØFungsi Bermain

Seorang anak dalam usia dini sesuai dengan psikologi perkembangannya harus lah diimbangi antara belajar sambil bermain, orang tua tidak boleh memaksakan seorang anak untuk belajar saja, karena akan menganggu perkembangan seorang anak.untuk itu,Para orang tua haruslah memberikan kesempatan dan wadah untuk bermain sehingga anak merasa nyaman.

ØFungsi economic

Merupakan investasi bagi anak dan keluarga dimasa mendatang.

menurut (Asmani Jamal ma’ruf : 2009 ) beberapa prinsip dalam melaksanakan pendidikan anak usia dini yaitu :

1)Pendidikan haruslah berorientasi pada kebutuhan anak dan semua aspek perkembangannya, baik fisik maupun psikis yaitu intelektual, bahasa, motoric, dan sosioemosionalnya anak. Dan tidak hanya berorientasi pada satu siswa saja melainkan diperlukan nondiskriminasi antara siswa dan guru.

2)Belajar haruslah didasari dengan bermain sesuai dengan karakter anak dalam usia perkembangan.

3)lingkungan yang kondusif yang dapat mendukung kegiatan belajar melalui bermain

4)Menggunakan pembelajaran terpadu melalui tema yang menarik dan bersifat kontekstual.

5)Mengembangkan berbagai kecakapan hidupdengan cara mengembangkan ketrampilan yang dimiliki oleh anak agar dapat dibiasakan dalam kehidupan sehari-hari agar anak mampu bertanggung jawab, mandiri dan memiliki disiplin diri.

6)Menggunakan berbagai media edukatif dan sumber belajar yakni media yang digunakan haruslah nyata tidak abstrak agar anak lebih memahami dan tidak sekedar membayangkan saja.

7)Dilaksanakan secara bertahap dan berulang-ulang. Yakni Pembelajaran bagi anak usia dini harus berdasarkan konsep yang sederhana dan dekat dengan anak agar mudah dikuasai.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline