Lihat ke Halaman Asli

HARI WIBOWO

Widyaiswara P4TK Bahasa

Anjay dan Anjir: Dua Kata Mengacu Satu Makna

Diperbarui: 27 Mei 2021   13:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bahasa medsos/ media sosial yang dihebohkan dengan sebuah kata anjay (unsplash/christian wiediger)

"Kata anjay dan anjir merupakan pelesetan ataupun ekspresi ujaran seseorang. Bisa jadi ujaran kebencian atau ujaran kekaguman kepada seseorang ataupun suatu hal."

Dunia bahasa medsos/ media sosial dihebohkan dengan sebuah kata anjay yang menjadi fokus perhatian para pegiat konten YouTube maupun Instagram. Kata anjay itu sendiri merupakan sebuah kata yang lahir dari sebuah komunitas atau sekelompok orang yang sering menggunakan bahasa slang atau plesetan dalam mengungkapkan sebuah ekspresi kekesalan ataupun ekspresi sanjungan/pujian kepada orang ataupun objek tertentu.

Menjadi ramai diperbincangkan lantaran salah seorang youtuber atau content creator yang mencoba membahas kata ini dan melaporkan salah seorang "musuhnya" ke KPAI dengan dalih ingin menyelamatkan generasi masa depan anak bangsa karena alasan munculnya beberapa video anak-anak di bawah umur yang mengujarkan kata anjay dengan enteng di sebuah aplikasi laiknya sudah terbiasa menggunakan kata ini. Ini sungguh ironis.

Baca juga :Pengaruh Kata "Anjay" terhadap Anak yang Berkaitan dengan Identitas Nasional

Memang kata anjay itu kalau dicek di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) versi daring ataupun cetak tidak kita temukan. Karena kata ini biasanya hanya muncul pada bahasa lisan.  Sama halnya dengan kata anjir dan anjas. 

Dapat dipahami bahwa kata anjay dan anjir merupakan pelesetan ataupun ekspresi ujaran seseorang. Bisa jadi ujaran kebencian atau ujaran kekaguman kepada seseorang ataupun suatu hal. Yang acuan kata ini jelas, yaitu mengacu pada seekor binatang anjing.  

Saya sendiri justru lebih sering mendengar anak-anak tongkrongan mengujarkan kata anjir daripada anjay. Bisa jadi hanya beda komunitas atau kelompok orang saja yang terbiasa menggunakan kedua kata ini. Kata anjay biasa digunakan di komunitas selegram/ gaul. Yang berbeda dengan anjir yang lebih dominan digunakan di kalangan anak tongkrongan yang bermain gitar atau main game online.

Baca juga : Layakkah Kata "Anjay" Dikategorikan dalam Kata Terlarang?

foto: dokumen pribadi

Dari sudut budaya memang orang Indonesia memiliki keunikan dalam mengekspresikan kekesalannya yang kadang kata plesetan ini menjadi memiliki makna yang lebih indah terdengar dari ujaran kata sebenarnya. Perubahan makna ini dinamakan ameliorasi, yaitu adanya perubahan nilai rasa sebuah kata menjadi lebih tinggi dari kata sebenarnya. 

Bisa juga diperhalus biar terdengarnya menjadi lebih indah atau tidak langsung mengacu pada kata sebenarnya atau denotatif. Hal ini memang kurang sesuai, jika satu kata ini saja yang dijadikan polemik padahal masih bertebaran kata-kata lain yang lebih banyak mengundang reaksi.  

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline