Lihat ke Halaman Asli

Mas Garex

KBC - 55 | Kompasianer Brebes

HUT RI 75: Semangat Pemuda Karangsembung Menyambut Hari Kemerdekaan

Diperbarui: 16 Agustus 2020   17:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Dadang

Menyambut Hari Ulang Tahun Ke-75 Republik Indonesia di tahun 2020 kali ini Indonesia masih dihantui pandemi Covid-19. Alhasil pada tahun ini kegiatan-kegiatan perayaan hari ulang tahun republik indonesia diselenggarakan terabatas.

Contohnya upacara detik-detik proklamasi dilakukan di istana negara dengan undangan terbatas dan ketat untuk penerapan protokol kesehatannya, di tingkat provinsi dan kabupaten/kota juga sama, namun di tingkat kecamatan dan desa tidak diperkenankan mengadakan upacara. Seluruh masyarakat nantinya dapat mengikuti jalannya upacara peringatan secara virtual.

Untuk kegiatan lomba-lomba maupun karnaval juga ditiadakan. Hal tersebut dilakukan mengingat suasana pandemi yang tidak memungkinkan untuk menghadirkan masyarakat dan tamu undangan lain dalam jumlah besar serta lebih mengutamakan kesehatan dan keselamatan masyarakat.

Dari hal itulah, maka para pemuda di Desa Karangsembung berinisiatif untuk tetap menyemarakkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia di tahun ini dengan pemasangan bendera merah putih di sepanjang jalan raya desa karangsembung.

Dok. Dadang

Semangat pemuda karangsembung dalam rangka memperingati HUT RI yang ke-75 di tengah pandemi covid 19 yang dipelopori oleh komunitas Gharex (gabungan remaja kreatif) dan mengajak, menggugah komunitas-komunitas yang ada di desa karangsembung untuk bersinergi mewujudkan rasa syukur atas perjuangan para pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia.

Pemasangan bendera merah putih tersebut dibiayai dari para donatur pemuda desa karangsembung dan dipasang juga oleh para pemuda. Dari mulai pencarian, pemotongan dan pengecatan bambu-bambu, belanja bendera merah putih, dan pemasangan di sepanjang jalan raya desa dilakukan oleh para pemuda sendiri. Proses pemasangan bendera dimulai dari tanggal 24 Juli sampai selesai tanggal 1 Agustus 2020 jalan raya desa karangsembung di sisi kanan-kiri jalan dipenuhi bendera merah putih berjejeran.

Patut dicontoh semangat para pemuda karangsembung dalam mengisi dan menyemarakkan sekaligus kado dalam rangka HUT RI Ke-75 tahun 2020 ditengah pandemi covid-19 kali ini.

Dok. Dadang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline