Lihat ke Halaman Asli

Mas Garex

KBC - 55 | Kompasianer Brebes

"Panggalan", Riwayatmu Kini

Diperbarui: 4 April 2020   11:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok.pinterest/poetro

'Panggalan' dalam bahasa brebesan atau dalam bahasa indonesia biasa disebut Gasing (atau juga disebut Gangsing) adalah mainan yang bisa berputar pada poros dan berkesetimbangan pada suatu titik. Gasing merupakan mainan tertua yang ditemukan di berbagai situs arkeologi dan masih bisa dikenali. Selain merupakan mainan anak-anak dan orang dewasa, gasing juga digunakan untuk berjudi dan ramalan nasib.

Sebagian besar gasing dibuat dari kayu, walaupun sering dibuat dari plastik, atau bahan-bahan lain. Kayu diukir dan dibentuk hingga menjadi bagian badan gasing. Tali gasing umumnya dibuat dari nilon, sedangkan tali gasing tradisional dibuat dari kulit pohon. Panjang tali gasing berbeda-beda bergantung pada panjang lengan orang yang memainkan.

Di wilayah brebes sendiri permainan Panggalan biasanya dijumpai ada di desa-desa, dilakukan dengan cara adu pukul antar panggalan yang dimainkan oleh anak-anak maupun orang dewasa. Panggalan disuatu daerah berbeda-beda, namun disini umumnya panggalan terbuat dari kayu dengan besi yang ditancapkan diujungnya dan dililit dengan tali yang terbuat dari kain.

Dok.bermain panggalan

Pada era modern saat ini dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, permainan panggalan ini seperti tenggelam dalam lautan. Permainan panggalan kini sudah jarang sekali dijumpai di desa-desa, bahkan sepertinya sudah tidak ada lagi. Ini merupakan dampak dari teknologi sekarang yang semakin canggih.

Dok. BBC News

Sekarang anak-anak di desa cenderung beralih ke permainan modern dengan memanfaatkan teknologi yaitu Android yang dimilikinya. Melalui gadget android anak-anak dapat bermain dari permainan/game yang bermacam-macam. 

Ironis sekali memang, padahal permainan tradisional ini banyak manfaatnya bagi anak-anak antara lain menjadikan anak lwbih kreatif, mengembangkan kecerdasan anak dan lain sebagainya. Sedangkan permainan modern dapat menciptakan anak menjadi malas dan dapat membentuk sifat anak menjadi individual.

#KBC-55




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline