Lihat ke Halaman Asli

Fathan Muhammad Taufiq

TERVERIFIKASI

PNS yang punya hobi menulis

Musuh Alami, Bantu Petani Mengendalikan Hama

Diperbarui: 17 Juni 2015   17:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14225134861655750296

A. MUSUH ALAMI DI LAHAN PERTANIAN

Banyak serangga dan laba-laba membantu petani mengendaliakan hama di lahan pertanian. Mereka memburu hama dan membunuhnya. Pembantu petani tersebut secara umun disebut sebagai “ Musuh Alami “. Mereka adalah musuh bagi hama dan mampu mengendalikan populasi hama secara alami.
Oleh karenanya perlu upaya-upaya menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya keberadaan musuh-musuh alami ini dan meningkatkan peran masyarakat dalam melestarikannya.

B. PELESTARIAN MUSUH ALAMI
Para petani saat ini cenderung menggunakan cara-cara yang praktis dan instan dalam pengendalian hama tanaman yaitu dengan menggunakan pestisida kimiawi yang dosisnya terkadang sudah melabihi ambang batas aman bagi lingkungan.
Tanpa disadari, penggunaan pestisida yang tidak terkendali seringkali juga membunuh musuh alami ini, sehingga populasi mereka semakin lama semakin berkurang.
Ada dua langkah sang perlu diperhatikan agar keberadaan musuh alami tersebut tetap terjaga kelestariannya :

a. Jangan menggunakan pestisida kimiawi secara berlebihan, karena musuh alami cukup rentan dengan pestisida kimia. Penggunaan pestisida kimiawi diupayakan seselektif mungkin.
b. Tanam dan lestarikan tanaman berbunga di dekat atau di lahan pertanian. Sari madu dan serbuk dari bunga-bungaan tersebut akan membantu tersedianya asupan pangan bagi musuh alami sehingga mereka cepat berkembang biak.

C. MENGENAL BERBAGAI MUSUH ALAMI
Ada berbagai jenis serangga yang telah terbukti membantu petani dalam mengendalikan hama diantaranya :

1422513517226760094

a. Berbagai jenis Laba-laba

Hampir semua jenis Laba-laba menjadi musuh alami bagi hama tanaman. Kemampuan mereke menjerat kemudian mebunuh berbagai jenis hama dapat membantu petani mengendalikan berbagai jenis hama.
Jadi kalau anda menjumpai serangga ini di lahan pertanian, jangan buru-buru untuk menyingkirkannya, karena sebenarnya mereka adalah teman kita.

1422513549491190853

b. Berbagai Jenis Capung

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline