Lihat ke Halaman Asli

MASDUQI

Guru Swasta

Brifing Keagamaan Kamis Pagi di Nurul Jannah

Diperbarui: 24 Februari 2023   10:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Setiap Kamis pagi guru dan karyawan MI Nurul Jannah Sawaran Lor  Kecamatan Klakah saling berbagi ilmu satu sama lain, Kamis (23/02/2023). Kali ini yang menjadi pemateri yaitu Ustad Hasanuddin,S.Pd.I Pembahasan dalam kegiatan tersebut yaitu tentang amalan-amalan yang istiqamah dilakukan dibulan Rojab dan Sya'ban 1444 H. Di awal, ustad yang merupakan pemilik Konveksi dan butik Nabila ini mengajak guru dan siswa-siswi merenungkan amalan apa yang sudah kita siapkan untuk menyambut keagungan bulan suci Ramadlan 1444 H tahun ini.

"Terkadang kita butuh tunduk sendirian untuk merenungkan kehidupan tentang bekal kita untuk berjumpa dengan Allah SWT. Mungkin kita merasa banyak amal kebajikan dan amal sholeh. Tetapi coba kita tanyakan pada diri kita masing-masing manakah di antara kebajikan itu yang kita bisa istiqamah selama bertahun-tahun mengamalkannya. Mungkin kita pernah berjanji membaca Al Quran sehari dua lembar namun hanya bertahan beberapa lama. Terkadang kita semangat tetapi tidak istiqamah padahal Rasulullah SAW pernah bersabda "Berbuat sesuatu yang tepat dan benarlah kalian dan amal yang paling dicintai Allah adalah amalan yang terus menerus meskipun sedikit." (HR. Bukhari). Jadi amalan yang dikerjakan secara istiqomah menjadi amalan yang dicintai oleh Allah SWT, meskipun amalan tersebut hanya berupa amalan kecil," ucapnya jelas.

Lebih lanjut beliau menceritakan kisah "Bilal Bin Rabah" yang terompahnya sudah terdengar di dalam surga padahal ia belum meninggal dunia. Ketika ditanyakan kepada Rasulullah "Apakah amalan yang kau kerjakan Bilal?" Ini karena saya selalu mendawamkan wudhu saya,"ujar Bilal. Jadi bukan karena amalan yang besar tetapi karena amalan-amalan kecil sehingga terompahnya terdengar di dalam surga.

Di akhir, ia mengungkapkan harapannya setelah menyampaikan ceramah singkatnya kepada guru-dan siswa siswi MI Nurul Jannah Sawaran Lor Kec Klakah"Semoga apa yang kita lakukan sebagai tenaga pendidik dan pelajar yang insya Allah sudah bertahun-tahun kita lakukan inilah yang akan menjadi amalan kita sesuai dengan yang dijanjikan oleh Rasulullah bahwasanya ini akan menjadi sebaik-baik amal dan kebaikan yang telah kita lakukan," pungkasnya sebelum menutup ceramah.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Iik Nuraida, S.Pd lebih lanjut juga membagikan jadwal tadarrus dan kultum yang  dilaksanakan tiap Kamis pagi. "Insya Allah kegiatan ini akan rutin dilakukan untuk menambah wawasan keislaman dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT," tutupnya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline