Lihat ke Halaman Asli

Dhedy Listyawan

Saling membantu dengan informasi

4 Hal Penting untuk Menghindari Macet saat Mudik

Diperbarui: 6 Mei 2022   12:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tradisi. Sumber ilustrasi: UNSPLASH

Mudik merupakan sebuah fenomena sosial yang dilakukan oleh kebanyakan masyakarat yang berkerja jauh dari tempat kelahiran atau jauh dari orangtua. Fenomena mudik ini biasa dilakukan masyarakat untuk melepas kangen dan rindu kepada keluarga saat menjelang hari raya Idul Fitri, tahun baru dan hari libur lainnya.

Masyarakat yang merantau di kota besar tidak sedikit jumlahnya, hal itu menyebabkan kepadatan dan kemacetan tidak bisa dihindarkan pada saat moment mudik. Beragam transportasi umum dan pribadi digunakan oleh para pemudik untuk pulang kekampung halaman.

Untuk itu, melalui artikel ini penulis membagikan sedikit informasi yang perlu diperhatikan para pemudik untuk menghindari kemacetan. Berikut adalah 4 hal penting untuk menghindari kemacetan pada saat mudik :

1. Menggunakan transportasi umum

transportasi umum adalah alternatif yang baik untuk menghindari kemacetan pada saat mudik. berberapa transportasi umum seperti kereta api dan pesawat memiliki perjalanan yang sudah terjadwal, walaupun terkadang ada masalah seperti keterlambatan keberangkatan namun itu masih bisa ditoleransi.

2. Berangkat lebih awal

kebanyakan masyarakat biasanya berencana mudik pada saat menjelang hari H. Maka dari itu, kita perlu mengambil langkah dengan berangkat lebih awal sebelum libur nasional atau cuti bersama jika itu memungkinkan.

3. Mencari jalur alternatif

Mencari jalur arternatif sangat perlu dipersiapkan dalam perjalanan menuju kampung halaman, dengan perkembangan teknologi sekarang berberapa aplikasi (Waze, TMC Polda Metro, dll) menyediakan jalur alternatif yang bisa dijadikan opsi oleh para pemudik.

4. Cek kondisi kendaraan dan ketersediaan bahan bakar

Mempersiapkan kesehatan dan bahan bakar kendaraan pada saat berpergian jauh sangat dianjurkan sebelum berpergian, jangan sampai karena kelalaian kita sendiri yang menyebabkan kendaraan kita mogok bahkan bisa menyebabkan celaka pada saat perjalanan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline