Lihat ke Halaman Asli

Masbukhin

Wirausaha dan Pelaku E-Commerce

Armada Transko Celebes Ekspansi di Malaysia

Diperbarui: 26 Juli 2024   08:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://www.fortuneidn.com/news/cynthia/ekspansi-kapal-pertamina-trans-kontinental-csc

Satu lagi, armada kapal multifungsi milik Pertamina, siap ekspansi. Kali ini disiapkan untuk beroperasi di luar negeri. Selasa, 23 Juli 2024, menandai resmi beroperasinya Kapal Transko Celebes. Kapal lintas kontinental ini bertugas memberikan dukungan pekerjaan yang diperlukan untuk pengeboran lepas pantai, terutama di perairan Malaysia. Armada ini dalam kendali dan pengelolaan PT Pertamina Trans Kontinental.

I Ketut Laba, selaku direktur utama, menyebut Transko Celebes merupakan kapal lintas kontinental yang kedua. Kapal pertama bernama Transko Moloko, yang juga beroperasi di perairan Malaysia, sejak Mei 2024. Adanya dua kapal ini, tentu kian membuka peluang yang lebih besar di pasar internasional. Lebih dari itu, semakin membuktikan bahwa kualitas armada yang dimiliki Pertamina sudah sesuai dengan standar global.

Secara teknis, Transko Celebes berjenis Anchor Handling Tug Supply (AHTS). Memiliki panjang keseluruhan 60,5 meter dan lebar 14,6 meter. Kapal ini diproduksi pada tahun 2012. Sarana pendukung pada Transko Celebes, salah satunya crane untuk pengerjaan Single Buoy Mooring. Disebut kapal multifungsi sebab Transko Celebes bisa untuk anchor handling, towing, sekaligus supply cargo pengeboran lepas pantai.

Satu lagi, Transko Celebes dilengkapi dua forward thrusters. Perangkat yang membuat kapal ini bisa bergerak leluasa, saat berada di lepas pantai. Menilik jam layar Transko Celebes ini, rupanya sudah panjang. Kapal ini sering melintas di lepas pantai Kalimantan dan Sumatera. Fungsinya mendukung pekerjaan sektor hulu migas milik Pertamina Group. Yakni Pertamina Hulu Energi Offshore Southeast Sumatra, Pertamina Hulu Mahakam, dan Pertamina Hulu Kalimantan Timur.(*)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline