Perangkat ajar merupakan buku teks dan modul ajar yang membantu guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Melalui perangkat ajar, guru diharapkan dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang semakin bermakna, selaras dengan prinsip yang mengedepankan pembelajaran sesuai tahapan dan kebutuhan peserta didik.
Modul ajar merupakan dokumen yang berisi tujuan, langkah, dan media pembelajaran, serta asesmen yang dibutuhkan dalam satu unit/topik berdasarkan alur tujuan pembelajaran.
Di bawah ini kami membagikan Bahan Ajar RPP Kurikulum Merdeka Bahasa Inggris Kelas 7 Materi Descriptive Text.
Bahan Ajar/Modul Ajar Bahasa Inggris SMP Fase D Kelas 7 Materi Descriptive Text
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas : 7
Alokasi Waktu : 6 x 80 menit (12 JP)
Deskripsi :
Modul pembelajaran ini akan memperlengkapi peserta didik untuk belajar menulis teks deskripsi yang menarik dan benar. Perangkat ajar ini didesain untuk digunakan secara efektif dengan Akun Pembelajaran, yaitu akun Google dengan domain belajar.id.
Profil Pelajar Pancasila:
- Bernalar kritis: Mengidentifikasi ide pokok, informasi detail, dan informasi tersirat dari sebuah Descriptive text.
- Kreatif: Menyusun teks deskripsi secara mandiri
- Kebhinekaan global: Mengenal berbagai teks descriptive dalam konteks keragaman global
Cara Penggunaan:
- Guru membaca capaian pembelajaran dan memilih bterbagai pilihan materi dan tugas yang dapat digunakan untuk pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan lingkungannya. Terdapat tips dan panduan serta alternatif tugas yang membantu guru menerapkan bahan ajar ini.
Relevansi Projek:
- Perangkat ajar ini mencangkup capaian pembelajaran, materi, tugas, pengayaan, petunjuk beserta link yang dapat diklik sebagai bahan ajar yang akan membantu guru mengintegrasikan materi ke Google Classroom dan perangkat Google Workspace for Education.
Sarana Prasarana
- Komputer/Laptop
Koneksi Internet
Disarankan: Akun Google Workspace for Education (contoh: belajar.id), atau akun Google pribadi
Model Pembelajaran:
- Tatap Muka/Pembelajaran Hybrid/Pembelajaran Blended
Model Pembelajaran: Kontekstual