Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Iqbal

MASBABAL.COM

Buku Kerja Guru Terbaru

Diperbarui: 28 Februari 2021   18:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Buku Kerja Guru Tahun 2021

Buku Kerja Guru adalah panduan atau bahan yang di gunakan oleh seorang guru dalam mengajar, pelaksanaan tugas mengajar dan mendidik. Buku kerja guru menjadi perangkat administrasi wajib bagi guru yang berisi instrumen yang disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku, baik Kurikulum 2013, Kurikulum 2013 Revisi dan Kurikulum yang dikembangkan sekarang yaitu Kurikulum RPP 1 Lembar

Buku Kerja Guru terdiri dari 4 Buku Kerja. Keempat Buku Kerja tersebut terdiri dari Buku Kerja 1, Buku Kerja 2, Buku Kerja 3 dan Buku Kerja 4. Untuk lebih rinci lagi tentang Buku Kerja Guru, Silahkan Baca dibawah ini.

Buku Kerja Guru

Buku Kerja Guru 1

1. Analisis SKL, KI dan KD

Standar Kompetensi Lulusan (SKL) adalah kriteria mengenai kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan ketrampilan dan digunakan sebagai acuan utama pengembangan standar isi (SI), standar proses, standar penilaian pendidikan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, dan standar pembiayaan. SKL terdiri atas kriteria kualifikasi kemampuan peserta didik yang diharapkan dapat dicapai setelah menyelesaikan masa belajarnya di satuan pendidikan pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

Sedangkan KI merupakan terjemahan atau operasional SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu, gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran. KI harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills. KI berfungsi sebagai unsur pengorganisasi KD. Sebagai unsur pengorganisasi, KI merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan orgaanisasi horizontal KD

KD merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari KI. KD adalah konten atau kompetensi yang terdiri dari sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada KI yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran.

DOWNLOAD Analisis SKL, KI dan KD Semua Pelajaran Tingkat SMA Sederajat

2. Silabus

Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Materi Pokok atau Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Penilaian, Alokasi Waktu, dan Sumber Belajar. Silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut:

  1. Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
  2. Materi Pokok/Pembelajaran apa saja yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
  3. Kegiatan Pembelajaran apa saja yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan sumber-sumber belajar.
  4. Indikator apa saja yang harus dirumuskan untuk mengetahui ketercapaian KD dan SK.
  5. Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
  6. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
  7. Sumber Belajar apa yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.

DOWNLOAD Silabus Pengembangan Terbaru SMA Semua Pelajaran

Sekarang Silabus menjadi 8 Komponen atau Silabus 8 Kolom yang terdiri dari Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, Kegiatan Pembelajaran, Indikator, Nilai Karakter, Alokasi Waktu, Sumber Belajar dan Penilaian

3. RPP (RPP 1 Lembar, RPP Daring, RPP Revisi 2020)

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah suatu perencanaan yang dibuat oleh guru Mata Pelajaran untuk merencanakan prosedur dan pengorganisasian dalam mengajar pembelajaran di Kelas.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline