Lihat ke Halaman Asli

PAI Exhibition: Together Towards A Brilliant Future, Proker Terakhir HMPS PAI UIN Sunan Kalijaga 2023

Diperbarui: 26 Desember 2023   18:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penampilan peserta lomba nasyid PAI Exhibition 2023. Sumber: @pai.exhibition23/instagram

Menjelang pergantian tahun, HMPS PAI UIN Sunan Kalijaga menggelar PAI Exhibition: Together Towards a Brilliant Future sebagai salah satu program kerja akhir mereka.  Program kerja tahunan ini diselenggarakan pada tanggal 9-10 Desember kemarin. Kegiatan ini diselenggarakan di ruang teatrikal gedung Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga.

PAI Exhibition kali ini menggandeng para pengurus himpunan serta mahasiswa PAI UIN Sunan Kalijaga untuk turut berpartisipasi dalam menyelenggarakan kegiatan. Adapun sasaran utama dari PAI Exhibition ini adalah siswa-siswi SMA sederajat dan mahasiswa di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

Mengusung tema “Islamic Religius Education Exhibition: Together Towards a Brilliant Future”, kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan makna dan nilai-nilai agama Islam yang terkandung dalam pelaksanaan kegiatan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mewadahi dan mengasah bakat dan minat siswa serta mahasiswa.

Adapun kegiatan PAI Exhibition ini berupa beberapa perlombaan, diantaranya; lomba cerdas cermat Islam, nasyid, MTQ, dan lomba reels. Perlombaan-perlombaan ini mengandung unsur pendidikan, keagamaan, seni, dan teknologi di dalamnya yang menjadi elemen penting bagi pondasi generasi penerus bangsa.

Dilaksanakan dalam dua hari, hari pertama PAI Exhibition diawali dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan lomba reels, nasyid, MTQ, mobile legend, dan cerdas cermat Islam babak pertama. Kemudian di hari kedua, dilanjutkan dengan babak kedua lomba nasyid, MTQ, mobile legend, cerdas cermat Islam, dan ditutup dengan pengumuman hasil lomba serta penutup.

“Menurut saya dengan adanya PAI Exhibition ini, bakat dan minat saya dapat terwadahi. Saya merasa lebih percaya diri, jadi paham arti kekompakkan dan kerja sama dalam tim. Relasi juga bertambah karena bisa kenal dengan orang-orang baru dari berbagai instansi lain,” ungkap Khansa, salah satu peserta lomba nasyid pada PAI Exhibition kemarin.

Drs. H. Radino, M. Ag, selaku wakil dekan bidang kemahasiswaan PAI UIN Sunan Kalijaga juga menyampaikan bahwa kegiatan PAI Exhibition ini diharapkan dapat memperkuat persaudaraan antar instansi, baik dari kalangan SMA sederajat maupun kalangan mahasiswa se-DIY.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline