Lihat ke Halaman Asli

Casilla dan Casillas

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Real Madrid akhirnya melaju ke semifinal Copa Del Rey setelah melewati hadangan Espanyol. Jese menjadi pahlawan kemenangan lewat gol tunggal yang dicetaknya. Dengan kemenangan ini, Madrid unggul agregat 2-0 setelah di first leg mereka juga membukukan skor yang sama, 1-0 lewat  gol Benzema. Di semifinal, Madrid akan menunggu pemenang antara Athletico Madrid dan Athletic Bilbao.

Selain Jese yang menjadi pahlawan kemenangan Madrid, ada seorang pemain lagi yang mendapat sorotan karena penampilan ciamiknya. Dia adalah Kiko Casilla, sang penjaga gawang Espanyol. Tercatat dia melakukan sejumlah penyelamatan gemilang meskipun akhirnya tak mampu membendung  Jese untuk membobol gawangnya. Yang menarik, di seberang gawang lawan, kiper yang diturunkan oleh Ancelotti adalah Iker Casillas. Jadi Casilla Vs Casillas, apa hubungan keduanya? Siapakah Kiko Casilla?

Fransisco Casilla Cortes lahir di Alcover pada tanggal 2 Oktober 1986 (27 tahun). Dengan postur yang tinggi (192 cm), Casilla nyaman berada si bawah mistar gawang tim. Perjalanan kariernya terbilang unik. Lahir di wilayah otonom Catalan, Casilla muda mengembara ke ibu kota dan masuk akademi Real Madrid.  Casilla masuk skuad Madrid Castilla pada musim 2005/2007. Dua musim kemudian dia kembali ke habitatnya. setelah Espanyol (tim yang berada di wilayah Catalan) mengontraknya. Namanya kemudian menghiasi tim Espanyol B hingga musim 2008/2009. Musim berikutnya dia dipinjamkan ke tim divisi Segunda, Cadiz. Kemudian dipinjamkan ke Cartagena sampai  musim 2010/2011 berakhir.

Tahun 2011 Casilla kembali ke klub pemiliknya, Espanyol. Dia mulai mendapat tempat setelah Kameni pindah ke Malaga. Di musim pertamanya bersama Espanyol, dia tampil sebanyak 16 kali dengan kebobolan 22 gol. Musim berikutnya dia kembali menjadi kiper pelapis di awal musim. Tapi nasib baik berpihak padanya saat dia diturunkan menghadapi Real Madrid pada 16 Desember 2012. Laga ini berakhir dengan skor imbang 2-2. Sejak penampilannya di laga tersebut, Casilla tak tergantikan untuk mengawal gawang Espanyol. Sampai musim 2012/2013 berakhir, dia hanya kebobolan sebanyak 24 kali dari 21 penampilannya di Liga BBVA.

Kemudian namanya mulai dikaitkan dengan sejumlah klub besar. Barcelona sang raksasa Catalan memasukkan namanya dalam daftar kiper  baru  setelah Valdes menyatakan akan hengkang akhir musim nanti. Selain itu Arsenal juga tertarik memboyongnya untuk menjadi pelapis sepadan Szceszny. Real Madrid juga ikut meramaikan perburuan. Dari catatan Casilla yang pernah menimba ilmu di akademi Madrid, tentu ini menjadi poin plus jika Madrid serius meminangnya. Berdasar catatan Transfermarkt, nilai transfer Casilla berada di kisaran 3 juta euro. Tentu ini bukan masalah bagi Madrid atau tim lain mengingat potensi Casilla yang mampu mengamankan gawang dari gempuran tim lawan.

Akankah Casilla akan menggantikan peran Casillas di Real Madrid?




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline